Total Pageviews

Saturday, July 30, 2011

Harga Honda New Blade 2011 Indonesia

Honda New Blade Dibanderol Rp 14 Juta
Agung Kurniawan | Bastian | Kamis, 28 Juli 2011 | 13:35 WIB

KOMPAS.COM/SABASTIAN

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya resmi meluncurkan New Blade di Jakarta Convention Center (JCC), Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, hari ini (28/7). Bebek menengah Honda ini dipasarkan dalam dua pilihan desain, warna standar dan Repsol, masing-masing dibanderol Rp 14 juta dan Rp 14,2 juta on the road Jakarta.

Yusukie Hori, Presiden Direktur AHM, mengatakan, New Blade diciptakan oleh tim Honda yang terdiri dari perwakilan Indonesia, Thailand, dan Jepang. Hori mengaku juga terlibat dalam pengembangan model ini.

"Harga yang ditawarkan ini tercipta berkat sokongan 130 penyuplai Indonesia. Kami harap bisa menjual 33.000 unit per bulan," ujar Hori saat peluncuran New Blade.

Sesuai bocoran sketsa yang diterima Kompas.com, kemarin (27/7), New Blade hadir dengan desain baru di semua bagian. Dua lampu utama terletak di fairing atas, sementara dua lampu senja dan sein terintegrasi pada fairing depan. Lampu rem belakang juga terlihat kotak mirip Kawasaki ZX.

Desain baru lain tampak pada knalpot trapesium yang unik. Penutup mesin kini dilengkapi pelindung panas berbentuk ring di dekat pijakan kaki. Jadi, lebih aman dan nyaman saat berkendara.

New Blade ditawarkan dalam lima pilihan warna, Victory Red, Dominate Black, Superior Black, Accelera Green, dan Racing Repsol. Distribusi unit dimulai pada Agustus ke seluruh dealer di Indonesia.

Monday, July 25, 2011

Harga Nissan X-Trail & Nissan New Grand Livina 2011 Indonesia

Tanpa Mobil Konsep, Juke dan X-Trail Jadi Perhatian
| Jumat, 22 Juli 2011 | 18:48 WIB

KOMPAS.IMAGES/RODERICK A MOZES
Nissan Juke banyak diburu

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Indonesia memperkenalkan varian baru X-Tremer dari sport utility vehicle (SUV) X-Trail di IIMS 2011. Tampilan mobil lebih segar dengan penambahan aksesori under protector, front over rider dan unique fog dengan desain yang kontras. Trus, sisi bodi ditambah side molding dan belakang terdapat under protector.

Tetap mengandalkan mesin 2.5 XT CVT, X-Trail "facelift" ini dibandrol mulai Rp316,5 juta on the road Jakarta. Nissan menargetkan 500 unit per bulan.

Tapi, andalan Nissan dalam pameran otomotif internasional ke-19 yang menempati booth seluas 1.184 meter dengan memamerkan 17 unit justru crossover Nissan Juke. "Bagi Nissan, Indonesia pasar penting. Melalui IIMS kami ingin membuktikan komitmennya," ujar Takayuki Kimura, Presiden Direktur NMI di IIMS, hari ini.

Selain X-Trail, Nissan juga memboyong dua varian baru lainnya, March sport version didesain oleh Autotech dan New Grand Livina 1.5 SV transmisi otomatis. Kedua varian baru diatas masing-masing dibandrol Rp166,2 juta dan Rp179,5 juta dengan target penjualan 60 dan 300 unit per bulan.

Harga Hyundai Grand Avega & Hyundai Sonata 2011 Indonesia

Hyundai Grand Avega Dibanderol Rp 158,9 Juta
| Sabtu, 23 Juli 2011 | 16:36 WIB

KOMPAS.COM/SABASTIAN
New Grand Avega (kanan) dan Sonata

JAKARTA, KOMPAS.com — Pergelaran akbar pameran otomotif IIMS 2011 dijadikan jembatan oleh Hyundai Mobil Indonesia (HI) mengenai perubahan visi dan misi dalam inovasi produk. Maka dari itu, di atas arena seluas 520 meter persegi dengan tema "New Thinking New Possibilities", mereka tak cuma memamerkan delapan unit produk line-up, tetapi juga meluncurkan model terbaru New Sonata dan New Grand Avega.

Kemudian, seperempat dari lahan, HMI menampilkan Hyundai handicap vehicle yang merupakan inovasi mereka dalam mewujudkan kepedulian terhadap disabled consumers. Di sini Hyundai menunjukkan kalau fitur tersebut bisa dipasang di semua produk mereka.

Dalam sambutannya, Mukiat Sutikno, Vice President HMI, menjelaskan bahwa selain meluncurkan kedua produk baru itu, pihaknya juga menampilkan produk line-up yang limited edition seperti pada Tucson dan H-1. Lalu, dua unit city car Hyundai i10 dan 120 juga sudah mendapat sentuhan aksesori.

Mengenai Grand Avega, menurut Mukiat, tak akan mengganggu Avega. Justru kehadirannya bersama Avega akan menyasar dua segmen. Soal harga, dikatakannya, untuk transmisi manual Rp 158,9 juta, sedangkan matik Rp 169,8 juta dengan target 300-400 unit per bulan. Sementara Sonata dibanderol Rp 449 juta.

Harga Geely Panda LC Cross 2011 Indonesia

LC Cross, Keluarga Baru Panda Geely "Lahir"
| Sabtu, 23 Juli 2011 | 14:27 WIB

KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI
GEELY LC Cross. KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota keluarga baru Geely di Indonesia bertambah. Bersamaan dengan pembukaan IIMS, Jumat (22/7/2011), Geely Indonesia meluncurkan LC Cross bermesin 1.300 cc dari keluarga Panda dengan konsep desain "Cross Your Life".

Menurut Presiden Direktur Geely Indonesia Ahmad Budi Pramono, LC Cross adalah model yang paling digemari di China dan kini coba dibawa ke Indonesia. "Panda Cross sebuah mini crossover yang secara inovatif menggabungkan elemen SUV dengan hewan Panda. Model ini didesain untuk konsumen usia muda yang selalu berusaha untuk ekspresif dan memanifestasikan diri," ungkapnya.

Mobil produksi China ini mampu lari hingga 165 km per jam dengan tenaga maksimal 63 kw. Ahmad Budi berharap mobil ini juga menuai kesuksesan yang sama dengan yang terjadi di China, yang per bulannya mencapai 5.000 unit. "Panda Cross sudah ready stock. Harganya berkisar di angka Rp 110-Rp 130 juta (on the road)," ujar Ahmad.

Director PT Geely Mobil Indonesia Nathan Sum menambahkan, Geely menargetkan penjualan 100 unit per bulan dan 500-600 unit hingga akhir tahun. Selain LC Cross, Geely juga memajang enam varian andalan lainnya, yaitu EC718, GV5, EK, MK, MK2, dan LC.

Harga Peugeot 508 & Peugeot RCZ 2011 Indonesia

RCZ dan 508 Menjadi Primadona Peugeot
| Sabtu, 23 Juli 2011 | 17:25 WIB

KOMPAS.com/Zulkifli BJ
Desain lampu belakang 508 yang menarik (kiri) dan ketika diperkenalkan (kanan)

JAKARTA, KOMPAS.com — Satu-satunya produsen mobil Perancis yang masih eksis di Indonesia saat ini, Peugeot, berusaha memanfaatkan pasar Indonesia yang terus tumbuh dengan meluncurkan produk terbarunya, sedan 508, pada pembukaan IIMS 2011, Jumat (22/7/2011) kemarin. Sedan medium dengan penampilan khas ini dijual Rp 696 juta (on the road). Menurut Constantinus Herlijoso, CEO PT Astra International Tbk-Peugeot Sales Operation (AI-PSO), saat ini sudah dipesan 12 unit.

Model Peugeot lain yang juga menarik dan dipamerkan adalah sport kupe RCZ dua pintu, 2+2. Mobil ini dijual dengan harga Rp 753 juta. Keduanya menggunakan mesin bensin yang sama 1,6 liter dilengkapi dengan turbocharger. Kemampuan mesin kedua mobil menghasilkan tenaga 156 PS @ 5.800 rpm dan torsi 240 Nm @ 1.400 rpm.

Keduanya juga menggunakan transmisi 6-percepatan Tiptronic, ESP, ABS, dan EBD. Khusus RCZ, jok depan bisa disetel melalui tombol dan menggunakan kulit, sensor parkir depan dan belakang, spoiler belakang aktif, lampu depan otomatis, dan pelek 18 inci. Sedangkan 508 menggunakan pelek 17 inci. Fitur khusus lain dari sedan berdimensi, yaitu panjang 4.792 mm, lebar 1.853 mm (dari bodi ke bodi), 2.068 mm (jika kedua kaca spion dibuka), dan jarak sumbu roda 2.817 mm.

Fitur lain pada sedan ini adalah paddle shift untuk memudahkan pengemudi memindahkan gigi secara manual. Selain kedua model tersebut, Peugeot juga memamerkan sedan 207 yang diimpor dari Malaysia, Crossover 3008, dan MPV 5008.

Menurut wiraniaga Peugeot pada hari pertama, dari semua model yang dipamerkan, 3008 dan 5008 adalah yang paling diminati. Padahal, yang paling banyak dijepret untuk dijadikan sebagai latar belakang berfoto adalah RCZ. Pada hari pertama saja, kupe sudah memperoleh tiga pesanan. Karena itu pula, wiraniaga Peugeot yang sempat ditemui Kompas.com yakin bahwa target mereka pada IIMS 2011, yaitu 30 unit, bisa tercapai!

Harga Ducati Monster Evo 1100 2011 Indonesia

Diskon Rp 10 Juta untuk Ducati Monster Evo 1100 Baru
| Sabtu, 23 Juli 2011 | 18:20 WIB

KOMPAS.COM/AGUNG KURNIAWAN

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada ajang pameran bergengsi IIMS juga terdapat dua produsen sepeda motor, yakni Piaggio dengan produk Vespa dan Ducati yang sama-sama asal Italia. Bahkan, Ducati meluncurkan produk barunya, Monster 1100 Evo, Sabtu (23/7/2011) ini. Moge bergaya Naked Bike ini merupakan varian teratas dari model Monster yang ada di pasar.

Evo dibekali mesin Desmodromic L-Twin 1100cc yang mampu menghantar tenaga ke roda belakang sampai 100 HP. Knalpot berkonfigurasi 2-1-2 itu, selain bertambah gaya, suaranya pun jadi galak. Trus, knalpot dilengkapi dengan catalytic converter, sudah sesuai dengan standar emisi Euro3.

Dengan tenaga yang besar, tak usah takut bila ban belakang spin saat gas dibetot diawal karena sudah dilengkapi Ducati Traction Control (DTC). Suspensi depan menggunakan Marzocchi diameter 43 mm, plus sistem pengereman sudah menggunakan antilock break system (ABS).

"Monster masih mendominasi penjualan Ducati dengan gaya Naked-nya yang khas, kehadiran Evo menjadi pelengkap pencinta moge dan paling bertenaga di kelasnya," beber Agustus Sani Nugroho, Presiden Direktur PT Supermoto Indonesia, di sela peluncuran, Sabtu (23/7/2011) ini. Selama pameran, Ducati memberi harga potongan spesial buat Monster 1100 Evo dengan potongan harga Rp 10 juta, dari harga semula Rp 320 juta menjadi Rp 310 juta on the road Jakarta.

Harga Suzuki SX-4 RC1 2011 Indonesia

Suzuki Luncurkan SX-4 RC1 dengan Penampilan "Sporty"
| Sabtu, 23 Juli 2011 | 18:43 WIB

KOMPAS.com/Zulkifli BJ
Suzuki SX4 RC1

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk menarik konsumen muda yang ingin tampil lebih sporty, Suzuki meluncurkan SX4 RC1 hari ini di arena Indonesia International Motor Show 2011 di JIExpo, Jakarta. Varian terbaru dari crossover Suzuki ini penampilannya diubah dengan mengganti desain komponen eksterior antara lain strip bodi samping, spoiler belakang atas, lampu kombinasi belakang, sensor mundur, ujung knalpot baru, pelek alloy 17 inci dan ban 215/55-R17.

Dengan modifikas yang cukup banyak itu, Suzuki hanya menaikkan harga Rp 15 juta dibandingkan versi standar. Dengan demikian, harga SX4 RC1 ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual Rp 217.500.000 dan Rp 228.500.000 untuk otomatik.

Tersedia warna pilihan silky silver, graphite grey, dan pearl white. Menurut Direktur Pemasoran Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho, SX4 RC1 merupakan versi terbatas (limited edition) dengan produksi 100 unit per bulan. Selama ini, Suzuki mampu menjual SX4 sekitar 400 unit per bulan di Indonesia.

Harga Llumar Paint Protection Film 2011

Lapisan Pelindung Cat Mobil dari LLumar
| Minggu, 24 Juli 2011 | 13:23 WIB

KOMPAS.COM/AGUNG KURNIAWAN
Kaca spion luar setelah dilapisi pelindung

JAKARTA, KOMPAS.com - LLumar yang memasarkan kaca film, menawarkan produk baru khusus melindungi bodi mobil (Paint Protection Film). Jadi, badan kendaraan terhindar dari goresan, dan kerusakan disebabkan perubahan cuaca, kerikil dan serangga. Tapi, bila terbentur keras, bodi tetap penyok.

Mekanismenya mirip laminating. Pemasangannya tidak disemua bodi, tapi di beberapa bagian saja seperti bemper (depan-belakang), sepatbor, kaca spion dan kap mesin. Lama pengerjaan lima sampai enam hari. "Untuk pemasangan satu mobil sampai Rp25-30 juta. Memang targetnya ke mobil-mobil premium," jelas Andre Susanto, Manajer Penjualan LLumar saat peluncuran produk di IIMS, hari ini (23/7).

Pada pameran di JIExpo Kemayoran, LLumar juga memperkenalkan dua produk lainnya kaca film CTX yang mampu menolak sinar ultraviolet sampai 60 persen dan tak mengganggu sinyal ponsel. Lainnya, produk pemotong kaca film LLumar Precision Cut System.

Harga Dodge Journey 2011 Indonesia

Dodge Journey 2011, SUV Amrik "Nongol" di IIMS
| Sabtu, 23 Juli 2011 | 20:29 WIB

KOMPAS.IMAGES/RODERICK A MOZES

JAKARTA, KOMPAS.com — "Bunga" dari pameran otomotif di JIExpo Kemayoran adalah crossover utility vehicle (CUV) Journey 2011 dari merek Dodge. Produk Amerika yang punya tongkrongan kekar ini menjadi debut perdana di IIMS.

CUV yang ditawarkan hanya satu varian, yaitu New Dodge Journey 2.400 cc, yang dibanderol Rp 505 juta dan Rp 535 juta on the road Jakarta karena DVD monitor 8,4 inci lebih besar. "Dodge Journey 2011 memposisikan diri sebagai premium CUV, ditawarkan sebagai kendaraan multiguna dengan proporsi yang pas bagi mobil keluarga," ujar Muhammad Al Abdullah, Direktur Pelaksana PT Garasindo Inter Global, agen pemegang merek Chrysler di IIMS, Jumat (22/7/2011) kemarin.

Journey mampu menampung tujuh penumpang dewasa, tetapi juga bisa diubah konfigurasinya menjadi cuma untuk lima orang. Total, volume kabin mobil ini 784 liter (dalam keadaan kursi tegak) dan 1.461 liter (baris kedua dan ketiga terlipat). Menurut klaim mereka, ukuran ini ada di atas rata-rata crossover sekelasnya.

Dodge melengkapi kehadiran produk Chrysler lain yang juga nongkrong di IIMS, yakni Jeep dan Chrysler. Booth pameran terletak di Hall D-1 dengan kombinasi tampilan putih dan sentuhan merah.

Harga Toyota Grand New Innova 2011 Indonesia

Harga Grand New Innova Naik dari Rp 200.000 sampai Rp 8,15 Juta
| Senin, 25 Juli 2011 | 14:21 WIB

KOMPAS.com/Zulkifli BJ
Grand New Kijang Innova diluncurkan

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, di booth Toyota, arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Grand New Kijang Innova yang mengalami perubahan pada penampilan (eksterior) dan juga sebagian interior. Semua tipe Kijang Innova generasi ke-5, yang merupakan salah satu produk legenda Toyota di Indonesia, kini dilengkapi dengan AC double blower. Perubahan lainnya di interior adalah warna indikator pada panel instrumen.

Kenaikan harga—dibandingkan dengan yang lama—mulai dari Rp 200.000 (tipe J) sampai yang paling mahal, tipe V, Rp 8,15 juta. Perbedaan harga yang cukup mencolok disesuaikan dengan aksesori dan kualitas perlengkapan interior setiap tipe. Dengan ini pula, harga Grand New Kijang Innova paling murah, tipe J mesin bensin, menjadi Rp 182.200.000 dan yang paling mahal, V diesel dengan transmisi otomatik, Rp 302.250.000.

Dengan peluncuran Grand New Kijang Innova ini pula, produksi versi lama dihentikan. Menurut Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM, unit Innova baru sudah bisa dipesan sekarang. Pasalnya, sudah diproduksi sejak 17 Juli lalu. Diperkirakan, sampai 27 Agustus nanti, Toyota sudah bisa memproduksi Innova yang berkisar dari 4.500-5.000 unit.

Joko juga menjelaskan, untuk versi diesel, belum ada perubahan. "Untuk mesin diesel, akan dilakukan pada tahap berikutnya," tegasnya.

Nih, Perbedaan Kijang Innova Baru dan Lama
Zulkifli BJ | Rabu, 20 Juli 2011 | 19:23 WIB

Toyota Astra Motor
Grand New Kijang Innova (kiri) dan Kijang Innova sekarang (kanan)

JAKARTA, KOMPAS.com — Model legenda Toyota di Indonesia—Kijang Innova—telah muncul dalam versi facelift. Sosoknya telah diperlihatkan kepada wartawan hari ini. Kendati demikian, peluncuran resmi baru dilakukan pada salah satu acara Toyota di IIMS 2011 yang mulai dibuka pada Jumat mendatang. Oleh karena itu pula, Toyota belum membeberkan perubahannya secara detail. Nama baru dari MPV medium itu pun menjadi Grand New Kijang Innova.

PT Toyota Astra Motor (TAM) hanya memberikan brosur lengkap. Kaoru Hosokawa, Chief Engineer Toyota untuk IMV yang khusus menangani Hilux, Fortuner, Kijang Innova, dan Avanza hanya menjelaskan perubahan fisik luar.

Eksterior
Fisik luar yang berubah adalah gril depan (radiator). Pada Innova baru, desain gril mirip dengan yang digunakan pada Hilux dan Fortuner, garis-garis horizontal dengan bagian tengah lebih lebar. Perubahan juga ada pada lampu depan, lampu kabut (kini menggunakan lampu membundar), dan gril bemper bawah (trapesium mengecil ke atas atau kebalikan yang lama). Pembatas gril dan lampu kini juga lebih besar.

Untuk belakang, lampu hanya berubah sedikit. Kendati bentuknya sama dengan yang lama, komposisi warna pun diubah. Jika yang lama, bagian atas berwarna merah dan bawah putih, sekarang menjadi merah, putih, dan merah.

Interior
Perubahan pada interior ada pada konsol tengah, setir, dan warna, motif jok, dan door trim. Adapun perubahan audio dan kontrol AC tergantung pada tipe.

Tipe V, paling mewah, menggunakan setir berjari-jari empat disertai motif kayu di bagian atas plus saklar setelah audio dan ornamen silver di bagian kedua sisinya. Adapun desain setir pada tipe G sama dengan E, terdapat tombol pengatur audio, tetapi tidak ada lapisan kayu dan lapisan silver di bagian luar. Keduanya menggunakan setir model palang tiga, tetapi jari-jarinya lebih besar dibandingkan Kijang Innova lama.

Mesin
Mesin tidak diutak-atik. Berdasarkan data yang diberikan, tenaga yang dihasilkan mesin bensin Innova lama tetap sama dengan yang dipasarkan sekarang. Begitu juga dengan mesin diesel 2KD-FTV, tenaga yang dihasilkan 136 PS @5.600rpm dan torsi 18,6 kg-m @4.000rpm (untuk transmisi otomatik). Adapun untuk transmisi manual 102 PS @3.600rpm dengan torsi 20,4 kg-m @1.400-3.200 rpm.

Dengan demikian, mesin diesel 2.5 liter common rail plus turbocharger ini belum dilengkapi dengan fitur variable nozzle turbo (VNT), seperti yang diterapkan pada Hilux dan Fortuner.

Harga Mazda MX-5 Miata Roadster & Mazda 8 2011 Indonesia

Mazda "Sports Car" Versi Guinness Book Beraksi di Indonesia
| Sabtu, 23 Juli 2011 | 19:35 WIB

KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI
MAZDA MX-5

JAKARTA, KOMPAS.com — Penggemar mobil sport di Indonesia tampaknya bisa mengembangkan senyum. Pasalnya, setelah dikukuhkan sebagai "Best-Selling Two-Seater Sports Car" oleh Guinness Book of World Records, Mazda MX-5 akhirnya hadir di Indonesia. Bersama dengan Mazda 8, mobil konvertibel hard top ini diluncurkan bersamaan dengan pembukaan IIMS, Jumat kemarin.

Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Yoshiya Horigome mengatakan, MX-5 telah memenangkan banyak penghargaan. Ia berharap semangat "Jinbai Ittai" yang menjadi konsep di belakang pembuatan seri ini bisa memuaskan para penggunanya. "Semangat Jinbai Ittai menekankan pada hubungan intim antara mobil dan pengemudinya, seperti sinergi antara kuda dan penunggangnya yang bergerak sebagai satu kesatuan," katanya saat peluncuran.

Mazda MX-5 dilengkapi dengan mesin MZR empat silinder berkapasitas 2.0 L 16 valve. Uniknya, mobil ini dibuat dengan versi hard top yang dapat dioperasikan dalam 12 detik sehingga memungkinkan jadi penangkal hujan atau menikmati sinar matahari.

Sementara di bagian dalam (kabin), pengendara dimanjakan dengan kursi Recaro yang ultrasporty, starter tanpa kunci, dan sound system premium dengan tujuh speakers dari Bose. MX-5 hadir dengan tiga pilihan warna, yaitu Copper Red Mica, Crystal White Mica, dan Stormy Blue, yang dibanderol Rp 590 juta.

Selama pameran, MMI menyediakan Mazda2 versi limited yang hanya 17 unit. Di booth Mazda juga ada varian Mazda8 dengan harga Rp 498 juta.

Sunday, July 17, 2011

Harga Infiniti G37 Indonesia

Pilih Infiniti FX50, FX37, M37, atau G37?


Infiniti M37 (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Indonesia akhirnya punya satu brand premium baru menyusul dilansirnya Infiniti, Rabu (16/3) sore kemarin. Untuk pertama mereka memboyong tiga model -- crossover Infiniti FX50 dan FX37, sedan sport Infiniti M37, dan Infiniti G37 Coupe. Bagaimana peluangnya?


Infiniti Indonesia, hasil kolaborasi Indomobil Group dengan PT Nissan Mobil Indonesia, yakin brand baru ini akan mendapat tempat di segmen premium tanah air. "Infiniti memberikan pilihan yang bervariasi bagi konsumen mobil premium di Indonesia," kata Takayuki Kimura, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia.

"Selain dilengkapi mesin yang bertenaga dan teknologi terkini, Infiniti memberikan pengalaman berkendara yang berbeda dengan harga kompetitif dibandingkan dengan mobil premium lainnya," tambah Takayuki Kimura.

Bersaing di segmen yang dihuni Mercedes-Benz, BMW, Audi, dan Lexus bukan pekerjaan gampang untuk Infiniti. Mulai Kamis (17/3) kemarin, konsumen sudah bisa mengunjungi showroom eksklusif Infiniti Center Pondok Indah yang berlokasi di Jl. TB Simatupang Kav 3B, Jakarta Selatan.

Di showroom ini ditawarkan Infiniti FX, crossover mewah yang terinspirasi mobil sport, dengan desain modern dan teknologi yang progresif membuatnya berbeda dengan crossover lainnya. Karakternya yang atletis diperkuat dengan sasis kokoh.

Ada dua pilihan mesin, 5.0L V8 dengan 390 PS dan 3.7L V6 dengan 320 PS. Dengan Intelligent All-Wheel Drive dan fast ratio steering, teknologi ini memberikan kenikmatan berkendara sejati yang tak dapat ditemui di crossover lain.

Tambahan teknologi antara lain Distance Control Assist dan Intelligent Cruise Control (khusus Infiniti FX50) termasuk interiornya yang premium, semakin menonjolkan karakternya yang gagah dan elegan yang tercermin didesain eksteriornya.

Infiniti FX37 dipasarkan dengan harga Rp 1,150 milliar dan Infiniti FX50 dipasarkan dengan harga Rp 1,450 miliar on the road Jakarta (tidak termasuk pajak progresif).

Bagi, penggemar sedan, ada All New Infiniti M yang dipasarkan dengan harga Rp 1,1 miliar. Sedan peraih penghargaan Ward’s Auto Interior of The Year tahun 2010 dari Ward’s Auto World ini memiliki tenaga optimal berkat mesin 3.7L V6 berkekuatan 320 PS.

Model ini punya teknologi teranyar yaitu Blind Spot InterventionTM yang merupakan pertama di dunia. Teknologi progresif lainnya adalah Blind Spot Warning (BSW), Blind Spot InterventionTM (BSI), Lane Departure Warning dan Lane Departure Intervention.

Pilihan sedan dua pintu ditawarkan lewat Infiniti G Coupe. Akselerasi G Coupe terdepan dikelasnya, dihasilkan dari mesin 3.7L V6 dengan 320 PS. Tenaga sejati berasal dari balik kap mesin, berpadu dengan garis-garis eksterior yang menciptakan sebuah daya tarik elegan.

Harganya? Infiniti G37 Coupe dipasarkan Rp.1,1 miliar on the road Jakarta (tidak termasuk pajak progresif).

Yang mana pilihan Anda?

RAJU FEBRIAN

Friday, July 15, 2011

Harga Suzuki Neo Baleno 2008 Indonesia

Test Drive Si Euro 3 Neo Baleno

Sindo Pagi -
Jum'at, 25 Januari 2008 10:13 wib
0 00
detail berita

DENGAN teknologi setara sedan menengah,varian ini menjanjikan kenyamanan berkendara. Udara lembut terembus sejuk dari air conditioner (AC) di kabin, iringan lagu John Mayer berjudul Back To You, menemani setiap kilometer yang terlalui.

Volume dan tuning radio bisa dikendalikan dari setir kemudi. Tentu terasa mudah mengendalikan level suara pada speaker. Perjalanan dari Bandar Udara Minangkabau menuju daerah Bukittinggi terasa nyaman dalam test drive Suzuki Neo Baleno di Padang, Minggu (20/1). SINDO berkesempatan mengemudikan Suzuki Neo Baleno bertransmisi otomatik. Rute Padang, Pariaman, Padang Panjang, Batu Sangkar, Payakumbuh, hingga Bukittinggi dilalui rombongan sepuluh unit Neo Baleno tanpa kendala berarti.

Jalan berkelok, menanjak, menurun, dan kondisi jalan berlubang pun dijajal mobil Suzuki Neo Baleno. Pemberhentian pertama di Restoran Samudra yang berlokasi di bibir Pantai Padang. Pemandangan pantai yang bersih dan langit biru sungguh sebuah daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Di restoran ini sambil menyantap sate padang, SINDO beserta rekan yang lain disambut Wali Kota Padang Fauzi Bahar. Rombongan berlanjut menuju Pariaman. Pemandangan alam yang spektakuler, masih hijau, penuh dengan nuansa kesegaran alami dirasakan sepanjang perjalanan.

Sampai di lokasi, rombongan berkesempatan menyaksikan acara tradisional tahunan bernama Festival Tabuik. Rombongan meneruskan perjalanan menuju sebuah kawasan bernama Harau yang terletak di wilayah Kabupaten Limapuluh Koto, Payakumbuh. Dalam menempuh perjalanan ini, SINDO sempat menguji kecepatan Neo Baleno sekira 80 km/jam dalam kondisi jalan berkelok, handling Neo Baleno terbilang apik, dengan tenaga yang mumpuni. Akselerasinya terbilang bagus.

Di kawasan Harau, pemandangan alam dihiasi dinding berlapiskan batu cadas menjulang tinggi. Di salah satu pojok, terdapat air terjun. Bagi rombongan, ini sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Akhirnya, rombongan bermalam di The Hills Hotel, Bukit Tinggi.

Neo Baleno mengusung mesin alumunium 1.500 cc 4 silinder SOHC 16 valve VVT, dilengkapi airbag, ABS, EBD, four disk brake. Baleno juga dilengkapi fitur drive by wire sehingga lebih hemat bahan bakar.

Desain bodi khas Italia. Rencananya, Suzuki akan memasarkan Neo Baleno di lima benua, yakni Eropa, Amerika, Asia, Australia, dan Afrika. Tenaga pacu yang dihasilkan Neo Baleno mencapai 100 PS pada saat mesin berputar di posisi 6.000 rpm. "Versi manualnya akan kami pasarkan di bawah Rp170 juta. Adapun versi otomatik sekitar Rp180 juta," sebut Bebin Djuana, manajer pemasaran Passenger Car Suzuki, di sela-sela acara test drive.

Baleno generasi ke-3 ini memiliki teknologi yang setara sedan menengah, seperti Toyota Altis atau Honda Civic. Salah satunya ditegaskan melalui standar emisi gas buang sesuai Euro 3. Padahal pesaingnya (Toyota Corolla Vios dan Honda City) masih pada standar Euro 2. Hari kedua perjalanan berlanjut ke tempat wisata Lubang Jepang di Ngarau Sianok. Pemandangannya membuat orang memuji betapa indah alam Indonesia.

Foto: Oto.co.id
(ton)

Harga New Kia Picanto 2010 Indonesia

New Kia Picanto

Makin Mewah Tapi Tetap Lincah

Prasetyo Adhi - Okezone
Senin, 1 Februari 2010 10:06 wib
0 00
detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA - Setelah resmi dirilis oleh PT Kia Mobil Indonesia (KMI) kami pun langsung mendapatkan kesempatan menjajal New Kia Picanto. Seperti apa performanya?

Melihat tampilan luar, KMI sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaran Kia tidak memberikan banyak perubahan.

Untuk eksterior, yang berubah hanya bentuk desain grill yang kini tidak ada lagi aksen krom, bumper depan maupun belakang yang sekarang seolah-olah dilengkapi bumper guard, kaca spion luar yang dibuat lebih besar, serta tidak adanya lagi dop pada pelek, melainkan diganti pelek racing 5-spoke ukuran 14 inci.

Masuk ke dalam kabin, interior New Picanto juga masih sama dengan Picanto terdahulu. Hanya saja sektor audio ditingkakan. Kini Picanto menggunakan headunit yang sudah mampu memutar CD, MP3, dan sarana koneksi USB, serta IPod Connection.

Ada lagi satu hal lain yang berbeda dibanding Picanto sebelumnya. Yakni untuk tipe transmisi otomatis. Kia kini mencangkokkan model transmisi gate type pada Picanto. Model transmisi matik tersebut sama dengan yang ada di Avanza-Xenia matik serta Rush-Terios matik.

Sementara di balik bonet, Picanto masih setia menggunakan mesin 1.100 cc multi point injection empat silinder segaris SOHC. Dengan mesin ini maka daya yang dihasilkan pun tetap sama yaitu 64 PS di 5.500 rpm dengan torsi hingga 9,8 kgm pada 2.800 rpm.

Puas memandangi bentuk fisik New Picanto, rasa panasaran menjajal city car mungil ini pun makin menggejolak. Langsung saja kunci kontak di putar. Uniknya, kunci New Picanto ini desain geriginya ada di tengah buka disisi atas dan bawah mata kunci.

Dengan demikian cukup sulit untuk membuat duplikat dari kunci tersebut. Efeknya tentu menyulitkan tangan-tangan jahil yang ingin membawa kabur mobil seharga Rp115 juta untuk yang transmismanual dan Rp131 untuk yang matik itu.

Ketika mesin dihidupkan suara mesin tidak masuk hingga ke dalam kabin. Bising dari gerakan mesin sedikit tereduksi dibanding Kia Picanto sebelumnya. Membuat kabin makin senyap.

Namun kesenyapan itu langsung ebrganti dengan alunan suara-suara lagu-lagu kesayangan ketika head unti yang kini sudah bisa terintegrasi dengan IPod dinyalahkan. Alunan suara lewat keempat speakernya terdengan cukup jernih. Pas sebagai penghibur ditengah kemacetan kota-kota besar.

Ketika pedal gas diinjak da tuas transmisi digeser ke posisi 1, karena kebetulan kami menjajal Picanto manual, dalam sekejap tenaga city car Korea ini pun langsung terasa.

Dengan dimensi panjang 3.535 mm, lebar 1.595 mm, dan tinggi 1.480 mm serta jarak sumbu roda 2.370 mm Picanto tetap enak diajak bermanuver. Bodinya yang mungil menyebabkan hampir tidak ada gejala limbung saat dijajal berakselerasi maupun menikung patah kekiri dan kanan. Cocok bila diaplikasikan untuk meliuk ditengah kemacetan jalan.

Apalagi sepertinya suspensi New Picanto sedikin mendapat perbaikan. Meski amsih mengandalkan Mc Pherson Strut dengan stabilizer maupun coupled torsion beam, kaki-kaki Picanto anyar ini lebih baik dibanding sebelumnya. Tidak ada lagi bunyi yang berlebihan saat mobil melibas jalan yang kurang rata.

Dengan penyegaran disisi penampilan, up grade sistem audio, serta makin senyapnya kabin, rasanya tak salah jika New Picanto dijadikan kendaran bagi kaula muda yang membutuhkan alat untuk mobilisasi di perkotaan. Apalagi mesin yang sama membut konsumsi BBM Picanto tetap irit seperti generasi sebelumnya. (uky)

Harga Chevrolet Cruze 2010 Indonesia

Chevrolet Cruze

Selangkah Lebih Unggul

Prasetyo Adhi - Okezone
Rabu, 10 Maret 2010 14:34 wib

detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

BANDUNG- PT General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI) akhirnya merealisasikan janjinya dengan memboyong Chevrolet Cruze. Seperti apa sensasi mengemudikan sedan medium Amerika Serikat (AS) ini?

Okezone pun mendapatkan kesempatan itu di sela acara "Media Drive Session Chevrolet Cruze" di Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/3/2010).

Tampak luar, aura sporty dan elegan pada Cruze begitu kental diwujudkan oleh para teknisi GM. Garis-garis tegas mulai dari bonet hingga buritan mempertegas karakter Cruze sebagai sedan yang tak boleh dipandang sebelah mata. Bahkan Product Planning & Business Development Manager GMAI, Harry Yanto menilai, Cruze memiliki sederet fitur-fitur unggulan yang merupakan pertama kali di kelasnya.

Dari sisi eksterior misalnya, desain Cruze memang begitu menggoda dan tampak berbeda bila dibandingkan dengan Altis mapupun Civic yang satu "level" dengan mobil ini. Bentuk gril yang besar, tarikan garis headlamp yang memanjang, hingga bentuk kap mesin yang khas, membuat Cruze seperti memiliki identitasnya sendiri.

Mengurut ke bagian samping hingga belakang, Cruze dipenuhi aura elegan akibat adanya aksen krom di beberapa ornamen seperti handle pintu, sein samping yang mirip kristal, hingga panel krom horizontal yang menghubungkan antar rearlamp.

Sepintas Cruze juga mirip sebuah coupe berkat penggunaan desain bodi yang melandai dibagian belakang. Tetapi jangan tanyakan soal kapasitas bagasinya. Walau terlihat kecil, namun ketika digunakan untuk menampung lima backpack berukuran sedang, dibagian ini masih menyisakan ruang yang sangat lapang. Efek penggunaan desain mirip coupe juga menjadikan aerodinamika Cruze meningkat. Mobil pun makin mudah membelah hambatan angin ketika dipacu di jalan raya.

Soal kemampuan mesin, Cruze dibekali engine 1.796 cc DOHC yang menggunakan teknologi Multi Point Injection with Double Continously Variable Cam Phaser (DCVCP). Menurut Harry, teknologi tersebut merupakan satu-satunya yang digunakan pada segmen sedan medium yang ada di Indonesia.

Karena itulah Cruze pun sangat nyaman ketika dipacu melintasi tol Cipularang. Sedikit injakan gas saja, tenaga sebesar 141 PS pada 6.200 rpm dengan torsi 176 Nm di 3.800 rpm langsung disalurkan melalui keempat ban berukuran 205/60 R16 milik Cruze.

Hebatnya lagi, teknologi 6-speed automatic triptonic yang disematkan benar-benar bekerja sempurna. "Acara" perpindahan gigi terjadi dengan sangat mulus. Ketika ingin santai saat lalu lintas padat, tinggal geser tuas ke posisi "D", dan selebihnya biarkan sistem elektornik pada Cruze yang bekerja. Namun bila ingin mendapat akselerasi yang berlebih, posisikan pada sistem mode manual shift, dan naik atau turunkan gigi sesuai keinginan Anda.

Ketika okezone coba melintas di jalan bebas hambatan yang menghubungkan antar Jawa Barat dengan Jakarta tersebut, Cruze sanggup digeber hingga lebih dari 180 km/jam tanpa kendala berarti. Mobil pun masih dalam posisi yang nyaman untuk dikendarai akibat penggunaan pegas Mac Pherson with EURO tuning style didepan dan Compound Crank pada suspensi belakang.

Dengan kompresi rasio mencapai 10,5 : 1, Cruze diklaim sanggup dipakai hingga sejauh 13 Km dengan pemakaian Petramax sebanyak 1 liter. Bila ingin mengetahui berapa jarak yang masih bisa ditempuh dengan kapasitas bahan bakar yang ada di dalam tanki Cruze, cukup lihat pada information display yang ada di dashboard.

Pada sistem ini juga dapat diatur mengenai sistem keamanan di seluruh kabin, misalnya kunci pintu yang bisa diatur hanya membuka di bagian pintu pengemudi, sistem sensor air hujan pada kaca depan yang memungkinkan wiper akan menyala otomatis ketika rintik-rintik hujan mulai turun, bahkan hingga pengaturan sistem auto lock/unlock pada seluruh pintu Cruze.

Dengan harga Rp309 juta untuk tipe transmisi manual dan Rp335 juta untuk yang varian teransmisi matik, rasanya Cruze memang selangkah lebih unggul dibanding kompetitiornya. Toyota dan Honda patut waspada! (uky)

Harga Honda Scoopy 2010 Indonesia

Tes Drive Honda Scoopy

Paduan Retro dan Modern yang Sempurna

Prasetyo Adhi - Okezone
Jum'at, 4 Juni 2010 13:26 wib

detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA- Unik, imut, dan centil. Karakter retro modern yang kental dari Honda Scoopy seakan menggoda siapa saja yang melihat penampakan skuter matik (skutik) baru besutan PT Astra Honda Motor (AHM) ini.

Hasrat untuk menjajal langsung bagaimana nikmatnya berada di atas Scoopy dan merasakan aura retro modern ternyata dijawab AHM, Kamis (3/6/2010).

Produsen sepeda motor berlambang sayap itu memberikan kesempatan kepada beberapa media online termasuk okezone untuk melakukan sesi tes ride Honda Scoopy di kawasan pabrik AHM di Cikarang, Jawa Barat.

Seperti saat peluncurannya beberapa pekan lalu, ada tiga varian warna yang dihadirkan untuk Scoopy sesi tes ride kali ini. Classic White, Retro Pink, dan Vintage Violet, semuanya terlihat sangat menggoda untuk segera dinaiki.

Scoopy kelir Classic White yang langsung menyita perhatian okezone. Warna putihnya yang sedikit kecoklatan terasa berbeda dibanding sepeda motor lain yang juga mempunyai varian kelir putih. Unik dan membawa nuansa retro modern.

Tarik tuas rem, nyalahkan starter, lepas tuas rem, putar gas, dalam sekejap okezone pun dibawa pada suasana '70 dan '80-an ala Scoopy.

Namun jangan pikir kemampuan mesin ini juga setara dengan skutik jadul era bapak-ibu kita zaman muda mereka dulu. Sebab mengusung jeroan 108 cc, Scoppy sanggup menghasilkan tenaga fresh sebesar 8,28 PS di putaran mesin 8.000 rpm dengan torsi puncak 8,32 Nm di 5.500 rpm. Sangat mirip dengan 'sang kakak' Honda BeAT.

Marketing Direktur AHM Julius Aslan ketika disela peluncuran Scoopy pada 20 Mei 2010 silam juga mengaku, basis dari motor ini merupakan Honda BeAT. "Mesinnya memang dari Honda BeAT," jelas dia.

Tetapi bila dibandingkan dengan BeAT, Scoopy jelas jauh berbeda. Bukan hanya sekedar tampilan berdesain retro modern, namun juga disetiap detil perawakan skutik ini. Benar-benar beda dari BeAT.

Posisi duduk pengendara misalnya, Scoopy terasa lebih nyaman karena dengkul tidak mudah mentok dengan bagian depan. Desain jok juga terasa lebih ergonomis sehingga pas dengan posisi bokong pengendara.

Pun demikian dengan posisi setang. Agak berbeda dibanding BeAT, posisi tangan pengendara lebih nyaman dengan bentuk setang dari Scoopy.

Ketika dicoba meliuk diantara cone yang dijejer oleh tim AHM, Scoopy juga terbukti lincah bermanuver. Tak ada gejala motor melayang ke kiri maupun ke kanan. Semuanya terasa ringan, lembut namun mantap meliuk melewati jejeran cone.

Rasanya, dengan harga Rp13,5 juta, paduan konsep retro modern ini berhail diterapkan tim teknisi Honda. Kesan retro jelas terlihat dari bentuk desain bodinya, sementara sisi modern coba ditunjukkan dengan kemampuan mesin yang setara skutik-skutik teranyar. (uky)

Harga Hyundai H1 Diesel 2010 Indonesia

Jelajah Jalur Legendaris, Uji Ketangguhan Hyundai H1 Diesel

Prasetyo Adhi - Okezone
Minggu, 18 April 2010 13:06 wib
detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA- Desain eksterior yang menawan, kemewahan kabin yang menggoda, kemampuan menampung seluruh anggota keluarga, rasanya jadi modal cukup bagi Hyundai H1 untuk dilirik.

Namun berbeda dengan Multi Purpose Vehicle (MPV) premium lainnya, dengan banderol mulai Rp387 juta, H1 bermodal mesin diesel CRDi. Ini yang membedakannya kompetitor.

Mesin 2.497 cc berbahan bakar solar ini pulalah yang membawa okezone menempuh Bali-Jakarta melalui jalur Daendels, mulus tanpa rintangan berarti.

Start dari Kuta, raungan mesin berdaya maksimal 125 kW pada 3.800 rpm dengan torsi 392 Nm pada 2.000-2.500 rpm seakan tak sabar untuk diuji melintasi jalur legenda sejauh 1000 km itu. Kebetulan yang dipilih pada kesempatan ini adalah H1 tipe XG.

Tak mau berlama-lama, langsung saja tuas transmisi digeser ke posisi D. Pedal rem dilepas, dan dalam sekejap H1 CRDi mulai menyusuri wilayah Kuta menuju pelabuhan Gilimanuk untuk menyebrang ke pulau Jawa.

Melintasi jalur ini, kemampuan MPV diesel Korea tersebut sudah tertantang. Pasalnya jalur menuju penyebrangan menggunakan kapal ferry itu melintasi sejumlah wilayah perbukitan dengan kelokan-kelokan tajam.

Butuh perhitungan tepat. Itu yang ada di benak okezone ketika mengajak H1 CRDi meliuk diantara jalur perbukitan. Sebab H1 punya dimensi yang cukup bongsor untuk ukuran sebuah MPV.

Namun bodi sebesar itu tak memengaruhi tenaga yang diusungnya. Dengan mengoperasikan shifttronik, aksi membelah Bali menuju pulau Jawa pun malah berbalik menyenangkan. Cukup sesuaikan posisi tingkat kecepatan agar didapat keluaran tenaga yang maksimal, mobil yang mampu menampung 8 penumpang ini malah jadi asik diajak meliuk.

Lepas Gilimanuk dan menyebrang ke Ketapang, akselerasi H1 CRDi kembali duji melintasi wilayah Pasir Putih, Probolinggo, Pasuruan, Gresik, hingga tiba di Semarang. Disini perjalanan sengaja dihentikan guna beristirahat.

Setelah Semarang, H1 kembali harus membuktikan ketangguhannya menempuh jalur Kendal, Pekalongan, Tegal, untuk kemudian masuk melintasi Tol Pejagan-Kanci.

Ini saatnya menjajal top speed H1! Dilengkapi teknologi directinjection, dengan posisi tuas di D, okezone sempat mencapai kecepatan 160 km/jam saat putaran mesin menunjukkan angka 3.700 rpm. Pada kondisi ini mobil masih sangat stabil dikemudikan, tidak ada gejala limbung.

Itu mungkin akibat penerapan suspensi MacPherson Strut di depan dan Rigid Axle 5-link pada belakang. namun imbasnya kenyamanan disisi penumpang H1 sedikit tereduksi. Ini bisa dimaklumi mengingat stabilitas handling mobil berbanding terbalik dengan kenyamanan dikabinnya. Dengan kata lain, bila ingin handling mantab, maka kenyamanan sedikit berkurang, serta sebaliknya.

Namun dengan balutan interior berwarna beige yang telah dilengkapi piranti hiburan DVD player serta roof monior, seluruh penumpang H1 yang kala itu dimuati 6 orang dewasa termasuk okezone sebagai sopir, cukup terhibur selama perjalanan.

Lantunan musik kesayangan hingga menonton video koleksi pribadi bisa dilakukan pada sistem hiburan H1 ini. Apalagi alunan suaranya cukup jernih dihasilkan dari speker yang tersebar mulai dari jok baris depan hingga belakang.

Akibatnya, tak terasa kini jalur yang ditempuh telah memasuki wilayah Indramayu menuju Cikampek. Artinya, tinggal ratusan kilometer lagi menuju Ibukota.

Menempuh etape ini, cukup banyak pengguna jalan lain yang kebetulan melintas, namun dengan cukup mengegser tuas kembali ke posisi D, maka sisitem transmisi 5-speed matik yang dikawinkan dengan dapur pacu CRDi yang dimiliki H1 rakitan lokal tersebut bekerja dengan sangat baik.

Hanya perlu menginjak pedal gas dan rem sesuai kebutuhan dan selebihnya biarkan Hyundai yang bekerja.

Kepadatan lalulintas akhir pekan saat itu tak menghambat laju kami untuk terus menuju jalan bebes hambatan jakarta-Cikampek yang kemudian dilanjutkan ke Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) untuk menuju suatu kawasan di Pondok Indah, Jakarta.

Cuma butuh dua hari melintasi jalur bersejarah yang dibangun pada masa penjajahan Belanda tersebut. Namun dengan H1, semuanya terasa begitu menyenangkan.

Apalagi, tercatat konsumsi BBM MPV diesel ini cuma menghabiskan sekira 1 liter untuk jarak 9 km. Bila harga BBM solar Rp4.500, maka biaya yang diperlukan untuk kebutuhan bahan bakar saat menggunakan Hyundai H1 CRDi ini cuma sekira Rp220 ribu.

Kalau Hyundai bisa menyajikan kemewahan sebuah MPV premium lewat H1 dipadu ketangguhan mesin diesel dengan teknologi CRDi, rasanya merogoh kocek Rp378 juta untuk H1CRDi tipe Elegance bertranmisi manual, Rp400 juta untuk elegance CRDi matik, dan Rp417 juta untuk H1 XG CRDi yang merupakan varian taratas dari H1 merupakan harga yang sangat pantas. Mengingat kompetitornya memiliki banderol jauh diatas itu.

Mmm... Patut jadi MPV Premium alternatif nih! (uky)

Harga Toyota New Vios 2010 Indonesia

New Vios

Mewah, Gesit, dan Irit, Semua Jadi Satu

Prasetyo Adhi - Okezone
Rabu, 28 April 2010 10:04 wib
detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

LEMBANG- "Vios tidak pernah jadi taksi, yang jadi taksi adalah Limo, jadi bedakan antara Vios dan Limo karena kedua mobil ini berbeda."

Komentar Marketing Communication Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Achmad Rizal tadi makin membuat okezone penasaran dengan kemampuan Toyota New Vios. Apalagi sejumlah perubahan juga makin membuat sedan papan bawah ini tampil makin elegan.

TAM selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota di Indonesia pun akhir pekan lalu memberikan kesempatan kepada sejumlah media termasuk okezone untuk merasakan sendiri sensasi mengendarai dan menjadi penumpang dari New Vios.

Rute yang kali ini ditempuh Jakarta-Bandung-Jakarta melalui jalur Lembang. Cukup menantang untuk menguji keandalan sedan seharga mulai dari Rp206,4 juta untuk tipe E manual, Rp219,4 juta untuk G manual, Rp232,2 juta G matik, dan Rp254,4 untuk varian TRD Sportivo.

Hari Pertama

Start dari Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, enam unit Toyota New Vios dari keempat varina tersebut meluncur menuju jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JOOR) untuk kemudian masuk ke tol Jakarta-Cikampek.

Kebetulan okezone mendapatkan New Vios tipe G bertransmisi manual. Lepas gerbang tol JORR, okezone tidak bisa langsung merasakan akselerasi New Vios, karena TAM menggulirkan ajang adu irit diantara peserta yang ikut serta saat itu.

Namun ini menjadi kesempatan guna merasakan bagaimana kelembutan mesin lewat tarikan putaran bawah dan juga sistem suspensi yang dimiliki kembaran dari Toyota Limo tersebut.

Agar konsumsi BBM tetap terjaga supaya jadi yang teririt saat lomba konsumsi BBM tersebut, okezone sengaja menjaga putaran mesin konstan di 1.500 rpm hingga 2.000 rpm. Kecepatan pun dipertahankan pada 70 km/jam hingga 80 km/jam.

Kondisi jalan tol yang saat itu cukup lenggang tak menyulitkan okezone bersama empat rekan media lainnya untuk segera tiba di daerah Subang. Memasuki kawasan ini kemampuan untuk tetap menjaga agar konsumsi BBM tetap irit sangat diperlukan mengingat jalur yang ditempuh terdiri dari perbukitan yang berkelok-kelok.

Di sinilah suspensi dan handling New Vios teruji. Dengan kecepatan konstan di 80 km/jam, saat berada di sisi pengemudi, handling New Vios cukup mumpuni. Sedan ini masih sanggup meliuk gesit di antara jalanan berkelok diantara kebun teh kawasan Subang menuju Lembang.

Sesaat kemudian okezone juga sengaja memilih duduk di kursi belakang untuk merasakan bagaimana sensasi menjadi penumpang New Vios.

Hasilnya, lewat suspensi MacPherson Strut dengan pegas koil dan stabilizer di depan serta Torsion Beam dengan pegas koil di belakang, terasa sekali sedan ini begitu lembut. Bahkan boleh dibilang suspensinya lebih baik ketimbang Vios generasi sebelumnya.

Suasana kabin juga terasa cukup kedap untuk ukuran sedan papan bawah. Alunan lagu-lagu yang dimainkan melalui iPod yang terintegrasi dengan audio system New Vios juga terdengar apik melalui speaker depan dan belakang. Seluruh penumpang bisa mendengarkan suara dengan jernih.

Aluna suaran nan jernih dipadu suspensi yang empuk akhirnya membuai okezone untuk terlarut memejamkan mata sejenak. Dan tak terasa, rute Lembang menuju Bandung telah selesai dan rombongan pun tiba di hotel untuk menginap.

Dan ketika dites, setelah menempuh jarak sekira 305 km New Vios yang okezone tumpangi hanya membutuhkan BBM sebanyak 15,3 liter. Wow!

Hari Kedua

Di hari kedua ini TAM tak menggulirkan lagi lomba konsumsi BBM. "Ini merupakan saya yang tepat untuk benar-benar menjajal performa New Vios!" gumam okezone dalam hati.

Karenanya, lepas dari gerbang tol Pasteur, New Vios urutan kelima yang okezone kemudikan langsung melesat. Pedal gas diinjak penuh agar mengetahui bagaimana akselerasinya. Walau mesin New Viso masih menggunakan dapur pacu 1.497 cc 4 silinder segaris, DOHC berkode 1NZ-FE yang mirip dengan pendahulunya, tetap saja membuat hati ini penasaran.

Ketika situasi tol Cipularang menuju Jakarta saat itu terbilang lenggang, langsung saja pedal gas makin diinjak penuh. Hasilnya kecepatan New Vios sanggup tembus hingga 180 km/jam. Tapi tentu saja keadaan ini tidak dipertahankan terlalu lama mengingat faktor keamanan di jalan raya.

Saat kecepatan berada pada kisaran 100 km/jam hingga 120 km/jam dan putaran mesin menunjukkan 4.000-5.000 rpm, suspensi New Vios juga masih terbilang empuk. Penumpang belakang tidak terombang ambing meski kontur jalan tol Cipularang yang kurang rata.

Handling juga masih cukup baik, New Vios masih bisa berbicara banyak ketika dibawa meliuk diantara deretan truk-truk yang berjalan lambat. Raungan mesin juga tidak berlebihan walau sesekali New Vios bermain di rpm tinggi. Sesuatu yang lebih dari cukup dari sebuah sedan papan bawah.

Suasana yang cukup lenggang di tol Cipularang berubah jadi padat merayap ketika tiba di KM 40 tol Cikampek menuju Jakarta. Perbaikan jalan di kawasan itu membuat kemacetan hingga KM 25. Dalam kondisi ini terpaksa harus stop and go.

Cukup memakan waktu di kawasan ini, namun selepas itu, jalan kembali lenggang dan rombongan media dipersilahkan diantar hingga kerumah masing-masing.

Okezone yang kebetulan tinggal di kawasan Jakarta Timur, membuat rombongan harus keluar di kawasan Ps. Rebo yang saat itu sedang padat. Kembali mekanisme start and go harus dilakukan.

Namun setibanya di rumah, okezone menyempatkan diri melihat bagaimana konsumsi bahan bakar selama perjalanan pulang tersebut.

Sempat diisi penuh di kawasan Dago, Bandung, kemudian pacu habis-habisan di tol Cipularang, kemudian menemui kemacetan di wilayak tol Cikampek dan daerah Ps. Rebo, indikator kapasitas BBM New Vios baru turun dua bar. Artinya New Vios terbilang cukup irit.

Dengan harga setara sedan papan bawah, namun dijejali sederet keunggulan khas sedan mewah, ditambah konsumsi BBM yang terbilang irit, New Vios sepertinya memang layak dipakai oleh mereka penyuka kecepatan namun tetap menginginkan mobil ini dipakai harian. Apalagi desainnya kini makin elegan. (uky)

Harga Megelli 250 RE 2010 Indonesia

Tes Drive Megelli 250 RE

Sensasi Ngebut dengan Minerva Megelli 250 RE

Prasetyo Adhi - Okezone
Jum'at, 4 Juni 2010 17:21 wib
0 00
detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

SENTUL- Melihat sosok varian baru Minerva Megelli 250 mungkin terkesan tak ada yang spesial dibanding pendahulunya. Mulai dari bagian depan hingga buritan masih serupa. Lalu apa yang membedakan?

PT Minerva Motor Indonesia (MMI) mengklaim Megelli 250 tipe RE dan RV memiliki racikan mesin yang berbeda dibanding tipe Megelli sebelumnya.

"Megelli 250 baik yang RE maupun RV sudah menggunakan mesin 250 cc 4 valve water cooler serta teknologi roller rocker arm yang membuat noise engine lebih rendah serta tenaga lebih meningkat," sebut Presiden Direktur MMI Kristianto Goenadi dalam sambutannya di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa barat, Kamis (3/6/2010).

Teknologi baru itu katanya mampu mendongkrak keluaran tenaga mencapai 27 PS di 8.500 rpm dengan torsi 22 Nm pada 7.000 rpm. Lebih unggul dari Megelli 250 sebelumnya yang hanya 20,5 PS.

Guna membuktikan performa mesin yang lebih mumpuni, MMI mengajak sejumlah media untuk menjajal langsung kekuatan dapur pacu anyar tersebut di Sirkuit International sentul, Bogor, Jawa Barat.

Rasa penasaran makin memuncak ketika okezone mendapat kesempatan nyemplak di Megelli 250 RE kelir merah single seater. Varian ini menurut tim MMI merupakan versi optional dari Megelli 250 R yang bisa dipesan konsumen secara terpisah.

Lepas start, langsung saja gigi 2 dimasukkan untuk melihat serponsifitas putaran bawah dari motor sport ini. hasilnya cukup bagus, tarikan motor terasa baik angka pada speedometer lansiran Koso menunjukkan 60 km/jam.

Masuk tikungan pertama okezone coba merasakan bagaimana handling motor yang dikalim berat mesinnya 10 kg lebih ringan tersebut. Nyatanya tikungan demi tikungan di sirkuit andalan Indonesia itu Megelli tak menemui masalah.

Memasuki trak lurus, gas coba diputar habis dan ditempatkan pada posisi gigi 6. Megelli 250 RE ini pun ngacir! Teras sekali tenaga yang dihasilkan lebih dari cukup untuk sebuah motor sport harian. Sayang klaim top speed MMI yang mampu tembus 157 km/jam tak mampu diraih. Okezone hanya berhasil mencapai kecepatan 137 km/jam. Itu pun sepeedometer tipe RX2N tersebut sudah memunculkan lampu blink merah.

Meski tak ada perubahan yang signifikan dibagian bodi, namun hadirnya tipe RV yang sudah menggunakan suspensi upside down di depan rasanya Megelli 250 cukup menjanjikan untuk bersaing dengan motor sport keluaran Jepang. Apalagi banderolnya cuma Rp31,9 juta untuk tipe RE dan Rp34,9 untuk tipe RV. (uky)

Tes Drive Chevrolet Spark 2010 Indonesia

Aksi Nakal Skid di Tengah Padatnya Lalu Lintas Pulau Dewata

Prasetyo Adhi - Okezone
Jum'at, 25 Juni 2010 13:16 wib
detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

UBUD- Di kota-kota besar memang paling cocok pakai mobil yang mungil, dengan kapasitas mesin tak terlalu besar tapi bertenaga, irit bahan bakar, dan juga punya tampang yang oke diajak gaul.

Kalau semua itu yang dibutuhkan, mungkin jawabannya ada pada generasi terbaru Chevrolet Spark. Bermodal mesin 1.206 cc S-Tech II DOHC 4 silinder, Spark diklaim memiliki keluaran tenaga hingga 82 ps di 6.400 rpm dengan torsi 108 Nm pada 4.800 rpm.

Ketika dijajal konsumsi BBM-nya pun Spark hanya meminum 1 liter bensin untuk menempuh jarak sejauh 25,07 Km. Artinya sangat ideal untuk penggunaan dalam kota sehingga tak sering mampir ke pom bensin.

Urusan tampang, siapa yang tidak kagum dengan Si Skid dalam film Transformers ini. Sebagai model yang dipasarkan di seluruh dunia, tentu standar kualitas Chevrolet Spark termasuk urusan desain yang ciamik juga tidak perlu diragukan lagi.

Lantas bagaimana dengan performanya? Demi memuaskan dahaga sejumlah jurnalis yang ingin tahu mengenai kepiawaian Spark, PT General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI) memberikan kesempatan puluhan media untuk menjajal kumampuan Si Skid.

Bali pun ditunjuk mengingat daerah ini terkenal memiliki rute jalan yang sangat komplit. Mulai dari lalu lintas yang padat, kemacetan dimana-mana, ruas jalan yang cukup sempit, hingga trek menanjak, menikung dan turunan yang ada di wilayah Kintamani.

Dibalik kemudi Chevrolet Spark kelir Silver dengan nomor urut 5, kesan yang didapat okezone ketika masuk ke kabin Spark cuma satu, futuristik! Darsboard, panel isntrumen, serta doortrim dibuat memang tidak biasa dibandingkan citycar lainnya.

Namun aksen merah yang ada pada dashboard hingga trim cukup mengganggu. Karena kombinasi dengan warna dasar kabin yang hitam tanpa ada aksen silver, warna ini malah menjadikan interior Spark terlihat murahan.

Padahal bila dikombinasikan dengan kelir lain, aksen merah tersebut bisa menjadikan bagian ini terlihat makin mewah. Namun okezone menyukai panel instrumennya yang lain dari mobil kebanyakan. Sangat futuristik tapi tetap memaparkan informasi mengenai kendaraan secara jelas, mulai dari rpm, speedometer, fuel meter, trip meter, tertampil dengan serpurna baik di siang maupun malam hari.

Kelar memperhatikan detil sekeliling dibagian kabin, langsung saja pedal gas diinjak dan tuas transmisi digeser ke posisi gigi 1. Putaram mesin terdengar halus khas citycar lain.

Memasuki wilayah Nusa Dua menuju Denpasar, situasi lalu lintas Bali saat itu cukup padat. Beberapa kali rombongan 8 unit Chevrolet Spark harus tersendat di kepadatan lalu lintas. DIsituasi ini Spark masih cukup nyamn dikendarai. Kabinnya yang lapang serta AC yang terasa dingin membuat aktivitas mengemudi tetap nyaman meski lalu lintas macet.

Lepas dari Sukawati menuju Kintamani, jalanan mulai sedikit lenggang. Langsung saja pedal gas diinjak lebih dalam guna melihat sejuah mana akselerasi dari Spark.

Ketiak sedikit dipacu, Spark masih bisa digeber hingga 80 km/jam dalam keadaan yang sangat nyaman. Sayangnya kondisi ini tidak bisa bertahan terlalu lama karena rombongan memasuki wilayah Kintamani yang terkenal berkelok tanjakan, serta turunan.

Tapi situasi ini tentu jadi agenda paling menarik bagi okezone untuk makin merasakan bagaimana handling Spark dan juga kemampuan mesinnya melahap tikungan-tikungan tajam yang menanjak serta menurun.

Dibekali suspensi McPherson Strut serta Torsion Beam, Spark makin lincak berkelok di antara tanjakan serta turunan Kintamani yang wilayahnya berada di daerah Gunung Batur. Namun efek suspensi ini harus dikorbankan dengan kenyamanan penumpang khususnya jok belakang.

Mesin 1.2 liter Spark juga beberapa kali kerepotan melahap tanjakan Kintamani yang sangat terjal. Tetapi situasi ini mungkin masih bisa dimaklumi mengingat citycar bukan ditujukan untuk pengendarana seekstrim itu.

Tapi ini bisa jadi pe'er GMAI selaku pemegang merek mobil Chevrolet, mengingat kompetitornya ketika diajak melahap tanjakan yang tak kalah ekstrim mampu menyelesaikannya dengan sempurna.

Jangan tanyakan soal kemampuan Spark dijalan rata, okezone angkat jempol untuk citycar yang didatangkan langsung dari Korea ini. Mesin oke handling baik mejadikannya lebih dari sekedar citycar.

Secara keseluruhan, Saprk mungkin bisa jadi gebrakan baru dikancah segmen citycar Indonesia. Dengan desain global, tentu jadi modal lebih dari cukup bagi Spark untuk menyentil kompetitornya yang sudah cukup punya mana di hati masyarakat Indonesia.

Kini tinggal bagaimana GMAI meyakinkan hati setiap penggemar citycar, bahwa Si Skid ini memang layak dilirik. (uky)

Harga Honda PCX 2010 Indonesia

Fitur Pintarnya Manjakan Bikers

Prasetyo Adhi - Okezone
Selasa, 13 Juli 2010 13:22 wib
0
detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA- "Wah, motor baru Honda ya Mas, keren banget," Begitu komentar banyak orang ketika okezone diberikan kesempatan untuk menjajal langsung skuter matik (skutik) Honda PCX.

Sosoknya yang 'asing' dari motor-motor dijalanan memang membuat menunggangi PCX jadi pusat perhatian. Namun, dengan kondisi lalu lintas saat itu memang sedikit lenggang, mengingat akhir pekan kemarin merupakan hari libur nasional, aksi membesut skutik yang mengusung banyak teknologi pintar itu pun makin asyik.

Ya, tak salah memang jika PCX juga layak disebut skutik pintar, mengingat sederet teknologi tinggi sudah diusungnya. Bahkan fitur-fitur canggih ini sudah bisa dirasakan sejak pertama kali motor di-starter.

Untuk menghidupkan skutik berdimensi panjang 1.917 mm, lebar 738 mm, tinggi 1.094 mm, ini sedikit berbeda dibanding skutik-skutik lainnya yang telah beredar dipasaran. Perlu tarik tuas rem sebelah kiri (bukan tuas rem sebelah kanan) baru bisa mengaktifkan mesin 125 cc PGM-FI V-matic liquid cooled SOHC 4-tak yang diusungnya.

Ketika kunci kontak diputar dan mesin aktif, maka lampu depan otomatis menyala sebagai daylight. Fitur ini merupakan pertama kali yang diterapkan di Indonesia. Dengan hadirnya teknologi lampu yang otomatis menyala ketika mesin hidup tersebut, tentu diharapkan pengendara lain bisa mengetahui keberadaan motor ini dan efeknya pasti meningkatkan keselamatan berkendara.

Suara mesin ketika di-starter juga terdengar lebih halus dibanding skutik lain. Bahkan boleh dibilang suara dan getaran mesin PCX lebih smooth ketimbang skutik asal Eropa yang juga masuk ke segmen skutik premium.

Menunggangi PCX juga terasa nyaman dengan desain jok yang terbilang lebar. Posisi mengendara pun pas dengan ukuran tubuh warga Asia yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil. Terasa mantap tanpa menghilangkan fleksibilitas ketika diajak meliuk ditengah kemacetan Ibukota. Meski berbodi cukup bongsor, PCX sanggup meladeni manufer-manufer di tikungan tajam.

Di sebut skutik pintar karena para desainer PCX juga telah memperhatikan benar mengenai konsep sepeda motor dimasa datang. Artinya, faktor konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang yang selama ini menjadi perhatian dunia automotif, juga jadi bahan pertimbangan Honda.

Karena itu PCX pun dibekali fitur idling stop system. Piranti ini memungkinkan mesin motor mati dengan sendirinya ketika tidak di gas selama 3 detik. Jadi, ketika berhenti di lampu merah atau saat jalanan macet misalnya, maka jangan kaget jika tiba-tiba mesin PCX mati.

Saat itulah idling stop system bekerja. Dan perlu diingat, ketika ingin menjalankan kembali PCX, tak butuh menekan kembali tombol starter. Cukup putar tuas gas, maka PCX kembali ngacir. BBM yang terbuang selama motor tidak bergerak jadi tereduksi dan emisi karbon pun bisa sejenak dihentikan.

Di desain dengan konsep skutik touring, pastinya terasa kurang jika PCX tak dibenamkan kaki-kaki yang sempurna. Oleh karenanya, dual shock dibagian belakang serta dua karet bundar berjenis tubeless mampu membawa sensasi berkendara yang lebih nyaman.

Saat diajak menempuh jalur dengan kontur jalan yang kurang rata, suspensi belakang ini bekerja dengan baik. Pengendalian terasa lebih mantap dan boncengers juga tidak merasakan gejala ajrut-ajrutan. Hebatnya lagi, bagian depan kaki-kaki PCX juga telah dilengkapi sistem combi brake hidrolis 3 caliper. Sistem pengereman ini menjadikan pengendalian lebih akurat.

Ketika PCX ditinggal di parkiran sebuah pusat perbelanjaan ternama di Ibukota, okezone pun tak merasa khawatir. Sebab skutik seharga Rp32 juta itu dibekali piranti anti-theft alarm system yang bisa dikendalikan lewat remote control. Fungsinya mirip alarm mobil yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Semua fitur-fitur pintar itu memang membawa sensasi berkendara yang lain lewat PCX. Namun disatu sisi, PT Astra Honda Motor (AHM) juga sepertinya perlu membekali konsumen dengan sedikit edukasi tentang motor ini. Mengingat bila konsumen tidak mengetahui fungsinya, bukan tidak mungkin fitur pintar itu bisa cepat rusak yang pada akhirnya malah tidak menjadi keunggulan dari motor itu sendiri. (uky)

Harga Yamaha New Scorpio Z 2010 Indonesia

Bermain dengan Si Kalajengking

Prasetyo Adhi - Okezone
Senin, 27 September 2010 10:02 wib
detail berita
(Foto: Prasetyo Adhi/okezone)

JAKARTA- Kehadiran New Scorpio Z dalam jajaran motor sport Yamaha tentu semakin lengkap. Pasalnya, dalam rentang waktu yang relatif singkat Yamaha juga terhitung baru saja mengelontorkan Byson.

Kini pasukan motor sport Yamaha menjadi tiga, yakni V-ixion, Byson, dan Scorpio. Bila bulan lalu kemampuan Byson sudah dibedah habis-habisan, kini giliran New Scorpio Z yang okezone coba ketangguhannya.

Dari sisi penampilan, motor sport bertahta paling atas dari Yamaha ini punya "baju" baru. Bentuk headlamp mengadopsi desain lampu depan Yamaha FZ8, sementara bodinya dicomot dari MT-01. Desain baru ini menjadikan Scorpio makin sporty dan gagah dibanding generasi sebelumnya.

Ketika ditunggangi riding position New Scorpio masih serupa dengan pendahulunya. Namun ketika tuas kopling dan rem dimainkan, bagian ini terasa lebih lembut dibanding Scorpio lawas.

Putaran gas juga terasa lebih halus namun cukup responsif. Mesin 223 cc 4-tak SOHC air cooled milik New Scorpio Z memang serupa dengan sebelumnya. Karena itu keluaran tenaga juga masih berada di 18,2 PS pada 8.000 rpm dengan torsi puncak hingga 17.5 NM di putaran 6.500 rpm.

Yang okezone rasakan kala nyemplak Si Kalajengking adalah kesan lincah dari motor sport ini. Meski punya bodi dengan panjang 2.025 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.095 mm, New Scorpi masih terasa lincah.

Mesin yang serupa ternyata menyajikan satu sensai berkendara yang berbeda dibanding Scorpio sebelumnya. "Makin asyik kalau diajak touring jarak jauh," begitu perasaan yang bekecamuk dalam pikiran okezone saat menunggangi New Scorpio.

Coba melewati medan yang sedikit menanjak dengan kondisi jalan yang tidak rata, New Scoprio masih bisa memberikan sensasi berkendara yang nyaman dan menyenangkan. Posisi setang, jok, serta kaki-kaki yang diracik tim YMKI tak menjadikan badan cepat pegal mesiki jalur yang dilewati bukanlah jalan beraspal mulus, melainkan savana Gunung Bromo.

Dengan banderol Rp23,5 juta on the road Jakarta, atau naik Rp1,5 juta dari Scorpio generasi sebelumnya, rasanya masih pantas untuk menebus kenyamanan dan kemampuan berkendara New Scorpio yang masih sama dari sebelumnya tapi menawarkan penampilan yang lebih gagah. (uky)

Harga Daihatsu Luxio 2010 Indonesia

Kabinnya Super Lega

Prasetyo Adhi - Okezone
Rabu, 20 Oktober 2010 08:24 wib

detail berita
(Foto: Prasetyo Adhi/okezone)

JAKARTA- Sejak diperkenalkan pertama kali pada Februari 2009, Daihatsu Luxio jadi mobil incaran keluarga di Indonesia. Apa sih hebatnya Multi Purpose Vehicle (MPV) keluaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini?

Disaat pabrikan mobil lain menghadirkan desain mobil dengan tingkat aerodinamika yang tinggi, pada Luxio, Daihatsu malah betah dengan model Boxy mengikuti pendahulunya Gran Max.

Namun desain serba mengkotak ini ternyata punya efek positif. Mau bukti? Silahkan buka pintu model geser (sliding dorr) pada jok baris kedua. Anda akan disuguhkan interior yang super luas. Dengan panjang 4.165 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.915 mm, dan jarak sumbu roda 2.650 mm, rasanya kabin Luxio memang paling lapang untuk ukuran MPV dikelasnya.

Jarak antara jok baris kedua dan ketiga sangat lebar. "Ga mentok dengan lutut," tutur penumpang belakang yang ikut serta dalam uji jalan Daihatsu Luxio oleh okezone akhir pekan kemarin. Jarak antara lantai kabin dengan atap mobil ini juga cukup jauh. Tak heran saat keluar pertama kali ADM mempersembahkan iklan komersial yang menunjukkan seorang bocah dapat dengan mudah berdiri di kabin mobil ini.

Pemilihan pintu model geser juga ternyata berpengaruh banyak. Dengan mekanisme tak membuka ke samping, penumpang jok baris kedua dan ketiga malah bisa leluasa masuk-keluar kabin Luxio. Bahkan untuk penumpang bertubuh tambun sekalipun tidak ada halangan ketika ingin melewati akses ini.

Itu soal dimensi, kenyamanan penumpang belakang juga tak luput dari beberapa fitur penunjang lainnya. Jika posisi duduk sudah oke dengan bentuk kabin yang super lega, maka penumpang juga tak perlu khawatir kepanasan selama perjalanan, sebab Luxio sudah dibekali AC double blower. Asupan udara sejuk dapat terasa hingga jok baris ketiga.

Duduk dibangku belakang sambil menikmati pejalanan wisata tentu tak ingin terganggu oleh guncangan-guncangan yang mengocok perut. Ini disadari betul oleh ADM. Karenanya Luxio dipercaya menggunakan suspensi McPherson struts dengan per keong dibagian depan dan 5 link, rigid-axle dengan per keong pada kaki-kaki belakang yang mengapit ban berukuran 195/65 R15. Saat diisi hingga 4 orang, suspensi ini bekerja cukup sempurna ketika melahap beberapa medan jalan yang kurang mulus.

Urusan sumber tenaga, karena diadopsi dari mesin Daihatsu Terios, rasanya ketika menjajal Luxio tipe X bertransmisi otomatis tak jauh berbeda dari Small SUV Daihatsu itu. Jeroan 3SZ-VE DOHC VVT-I berkapasitas 1.495 cc dengan transmisi matik 4-speed mampu melahap tikungan terjal menanjak dan menurun saat melintasi daerah Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Cukup letakkan tuas transmisi di posisi "D", kondisi jalan yang saat itu padat lancar bisa dengan mudah dilahap Si Baby Alphad ini tanpa harus menggesernya ke posisi "D2". Namun okezone merasakan kurang nyamannya dengan desain tuas transmisi Luxio matik ini. Bentuknay etrlalu lebar dan tidak pas dengan genggaman tangan. Butuh kebiasaan agar telapak tangan tak terasa pegal.

Namun diluar itu, untuk konsumen yang mencari mobil keluarga dengan kabin lega, rasanya kocek Rp162 juta untuk Luxio varian teratas ini pantas buat dipinang.

(uky)

Harga All New Honda Jazz 2010 Indonesia

Menelisik Modal Sukses All New Honda Jazz

Prasetyo Adhi - Okezone
Rabu, 3 November 2010 08:14 wib
detail berita
(Foto: Prasetyo Adhi/okezone)

JAKARTA- Fenomenal! Mungkin itu kata yang cukup mewakili kehadiran Honda Jazz di Indonesia. Sejak kemunculan perdananya pada 2001 silam, Jazz begitu terpatri dihati para pecinta mobil kompak.

Jazz generasi pertama bahkan kabarnya telah terjual 2,3 juta unit di seluruh dunia. Karena itu tak salah ketika tujuh tahun berselang, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan All New Honda Jazz.

Generasi terbaru ini tak kalah pamor dibandingkan Jazz saat pertama kali muncul. Hatchback andalan Honda itu langsung diborong konsumen dalam negeri.

Catatan penjualan HPM paling gress menunjukkan, pada 2009 All New Jazz berhasil terjual 15.713 unit, sementara pada periode Januari-September 2010, HPM sudah berhasil melego 16.599 unit All New Jazz.

Sebuah catatan prestasi yang membanggakan, mengingat di kelasnya Jazz kini diapit oleh banyak pemain. Paling dekat yakni Toyota Yaris, kemudian ada pula Suzuki Swift, Mazda2 dan Daihatsu Sirion yang sesama dari Jepang.

Kemudian dari negara lain ada Ford Fiesta, Hyundai i20, Kia Pride, hingga Peugeot 207. Namun lagi-lagi nama Jazz mencuat kala dicari gelar hatchback dengan penjualan terbanyak di dalam negeri.

Jazz juga selalu identik dengan kendaraan anak muda. Desain kompaknya makin modern saat All New Jazz lahir. Karenanya Jazz juga kerap jadi jawara kontes modifikasi seantero Nusantara.

Jangan tanyakan soal keandalan mesin All New Jazz. Mengusung jeroan 1.497 cc i-VTEC SOHC yang merupakan penggabungan antara teknologi i-DSI yang hemat bahan bakar dengan VTEC yang bertenaga besar. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi Drive by Wire dan Torque Boost Resonator yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 120 PS pada 6000 rpm dan torsi 145 Nm pada 4800 rpm. Alhasil membuat All New Jazz piawai melahap berbagai model jalan raya.

Ketika coba dipakai diperkotaan Jazz asik diajak meliuk ditengah sempitnya lalu lintas Ibukota. Dimensinya yang kompak seakan bukan halangan untuk membelah kemacetan Jakarta. Ketika padatnya lalu lintas sudah luar biasa, okezone pun coba mengalihkan jalur ke jalan bebas hambatan. Disini kami cukup terkejut kala memacu mobil Jepang ini di jalan bebas hambatan. Itu semua karena Jazz ternyata sanggup "berbicara" banyak dengan menyemburkan tenaga hingga jarum speedometer nempel diangka 160 km/jam. Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk mobil semungil ini.

Uniknya, Jazz tipe RS bertransmisi matik yang dipakai okezone, Honda menggunakan piranti Paddle Shift yang memungkinkan pengemudi memindahkan transmisi langsung dengan jari tangan. Paddle Shift di kiri untuk menurunkan posisi transmisi, sementara di kanan untuk menaikkan posisi gigi. Piranti yang sejatinya ada di mobil-mobil sport mewah itu menjadikan Jazz bisa dioperasikan layaknya mengemudi mobil F1, tentunya dengan harga hanya Rp222,5 juta on the road Jakarta.

Dengan banderol segitu Jazz bukan cuma menawarkan paket mobil perkotaan, tapi juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Mau bukti? Buka saja pintu bagasi belakang ke atas, maka Anda akan disuguhkan bagasi berkapasitas hingga 1.321 liter saat jok baris kedua dilipat rata dengan lantai mobil. Kemampuan itu tentu mengakomodir kebutuhan daya angkut berbagai barang kebutuhan aktivitas Anda.

Urusan kenyamanan juga tetap diperhatikan oleh pabrikan Jepang ini. Honda yang sudah kondang membuat mobil-mobil nyaman membenamkan fitur AC dengan kontrol bersusun ke atas pada All New Jazz. Tampilan ini membuat dashboard Jazz makin sporty khas selera anak muda atau mereka yang berjiwa muda.

Ada pula head unit 2DIN single disk MP3/WMA/WAV yang support USB dan AUX input. Piranti ini sanggup mendendangkan lagu-lagu kesayangan guna menemani perjalanan Anda.

Untuk tingkat keamanan, All New Jazz menggunakan teknologi rangka G-CON dan struktur ACE yang berhasil meraih berbagai penghargaan tertinggi saat uji tabrakan yang dilakukan sejumlah lembaga independent di beberapa negara. Tak ketinggalan teknologi pedestrian injury reduction body structure untuk melindungi pejalan kaki jika terjadi tabrakan.

Itu saja? Tidak juga. Meski dimensinya mungil, mobil juga telah dilengkapi perangkat yang baisanya familiar ditemukan di sejumlah mobil mewah, seperti ABS, EBD dan BA, sabuk pengaman dengan 3 poin ELR dan load limiter, serta dual SRS Airbags. Tidak hanya itu sistem keyless entry, immobilizer Anti-Theft System serta security alarm melengkapi fitur keamanan All New Jazz.

Jadi, apa yang kurang dari si hatchback fenomenal Honda ini? (uky)