Total Pageviews

Monday, October 10, 2011

Bahaya Hiasan di Kaca Mobil

Rabu, 28/09/2011 09:58 WIB

Hiasan di Kaca Mobil Bisa Mengundang Bahaya

Syubhan Akib - detikOto
img dok Daily Mail

Jakarta - Bagi Anda yang terbiasa menaruh gantungan pengharum kabin dengan cara menggantung di kaca spion tengah kabin mobil Anda, kini hal tersebut sepertinya harus dipikirkan ulang. Sebab hal itu ternyata banyak menimbulkan kecelakaan.

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris terungkap kalau gantungan dan stiker yang biasa bertuliskan "Baby On Board" mengundang banyak bahaya. Barang-barang itu biasanya digantungkan di kaca spion tengah kabin dan ditempelkan di kaca belakang mobil.

Bahkan di Inggris, pihak asuransi sedang menyiapkan aturan yang bila gantungan penyegar udara tersebut membuat mobil jadi kecelakaan, penggunanya harus menghadapi tuntutan.

Sebab sebuah survei yang melibatkan 2.000 kendaraan mengungkapkan kalau 1 dari 20 blindspot yang ada di mobil disebabkan oleh hiasan-hiasan yang sebenarnya tidak perlu tersebut.

Di Inggris gantungan yang biasa ditempatkan di kaca spion tengah kabin adalah pengharum ruangan, boneka beruang, manik-manik dan lambang klub sepakbola.

Ada pula berbagai barang seperti pot kecil dan boneka hewan yang biasa ditaruh di atas dashboard. Ini juga berbahaya karena menggurangi visibilitas para pengemudi.

Selain itu barang yang juga membahayakan para pengguna jalan adalah keping CD yang bila di taruh di kabin bisa merefleksikan cahaya matahari dan membuat pengendara silau bila memandangnya.

"Kaca depan terbaik adalah kaca depan yang bersih dan jelas. Banyak pengemudi tampaknya ingin mengubah mobil mereka dengan sering mengaburkan pandangan mereka," ungkap Presiden AA, Edmund King seperti detikOto kutip dari Daily Mail.

"Sementara sebagian besar penyegar udara kecil mungkin dianggap tidak mengganggu penglihatan, di beberapa mobil benar-benar mengganggu dan penglihatan pengemudi pasti dirugikan," tambahnya.

"Di persimpangan sebuah boneka beruang (yang digantung di spion tengah) dapat dengan mudah membentuk blind spot untuk mengaburkan penampakan dari pejalan kaki yang lewat atau pengendara sepeda," imbuhnya lagi.

"Kami mendesak semua pengendara untuk menghilangkan barang yang berbahaya sehingga mereka dapat berkonsentrasi pada jalan di depan," lugasnya.


( syu / ddn )

1 comment:

  1. super creative and intriguing work! Hope you are great. Thank you very much. car photography editing

    ReplyDelete