Total Pageviews

Saturday, August 13, 2011

Tips: Trik Membeli Mobil Matik Bekas

Trik Membeli Mobil Matik Bekas

Aditya Maulana - Okezone
Sabtu, 13 Agustus 2011 14:59 wib
detail berita
Mobil matik (foto: Aditya Maulana/Okezone)

JAKARTA– Menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, banyak konsumen yang membeli mobil untuk dipakai mudik ke kampung halamnya. Namun, sebelum anda membeli mobil bekas, terutama yang matik, anda harus lebih teliti dalam membelinya.

Karena, mobil matik bekas berbeda dengan mobil bekas lainnya yang menggunakan transmisi manual.

Hal yang anda harus perhatikan dalam membeli mobil matik bekas, yakni dari segi transmisinya. Karena, transmisi mobil matik akan jauh lebioh ribet dibandingkan transmisi mobil manual.

“Saat anda membeli mobil matik bekas, hal pertama yang anda lakukan adalah menghidupkan mobil yang akan anda beli, lalu matikan AC, dan Tipenya. Setelah anda menyalakan mobilnya, perhatikan ada suara yang mengganjal apa tidak. Seperti bunyi decitan karet. Nah, jika ada bunyi seperti itu, dapat dipastikan transmisi mobil tersebut ada yang rusak,” menurut Yayat, Pemilik Diler Siliwangi Auto, saat berbincang dengan Okezone, Sabtu (13/8/2011).

Lebih lanjut, hal berikutnya yang anda harus lakukan, yakni masukan tuas transmisi mobilnya tanpa menginjak rem, dari posisi P ke R, dan dari R ke D. Jika ada hentakan saat anda memindahkan tuas trasnmisi, maka dapat dipastikan juga mobil tersebut bermasalah dengan sistem transmisinya.

Dan hal lainnya yang anda harus perhatikan, yakni mesinnya, kaki kaki mobil, serta perlengkapan lainnya.

“Dan yang terakhir tidak kalah pentingnya dengan yang lain. Saat anda menyalakan mobil lalu di gas dengan penuh, maka mintalah seseorang untuk memeriksa ke bagian kap mobil, lihat ada tetesan oli atau tetesan air yang lainnya apa tidak. Jika ada tetesan oli atau sejenisnya, mobil ini juga dipastikan mengalami kerusakan pada bagian oli transmisi,” tandas Yayat. (uky)

No comments:

Post a Comment