Total Pageviews

Friday, July 15, 2011

Harga All New Honda Jazz 2010 Indonesia

Menelisik Modal Sukses All New Honda Jazz

Prasetyo Adhi - Okezone
Rabu, 3 November 2010 08:14 wib
detail berita
(Foto: Prasetyo Adhi/okezone)

JAKARTA- Fenomenal! Mungkin itu kata yang cukup mewakili kehadiran Honda Jazz di Indonesia. Sejak kemunculan perdananya pada 2001 silam, Jazz begitu terpatri dihati para pecinta mobil kompak.

Jazz generasi pertama bahkan kabarnya telah terjual 2,3 juta unit di seluruh dunia. Karena itu tak salah ketika tujuh tahun berselang, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan All New Honda Jazz.

Generasi terbaru ini tak kalah pamor dibandingkan Jazz saat pertama kali muncul. Hatchback andalan Honda itu langsung diborong konsumen dalam negeri.

Catatan penjualan HPM paling gress menunjukkan, pada 2009 All New Jazz berhasil terjual 15.713 unit, sementara pada periode Januari-September 2010, HPM sudah berhasil melego 16.599 unit All New Jazz.

Sebuah catatan prestasi yang membanggakan, mengingat di kelasnya Jazz kini diapit oleh banyak pemain. Paling dekat yakni Toyota Yaris, kemudian ada pula Suzuki Swift, Mazda2 dan Daihatsu Sirion yang sesama dari Jepang.

Kemudian dari negara lain ada Ford Fiesta, Hyundai i20, Kia Pride, hingga Peugeot 207. Namun lagi-lagi nama Jazz mencuat kala dicari gelar hatchback dengan penjualan terbanyak di dalam negeri.

Jazz juga selalu identik dengan kendaraan anak muda. Desain kompaknya makin modern saat All New Jazz lahir. Karenanya Jazz juga kerap jadi jawara kontes modifikasi seantero Nusantara.

Jangan tanyakan soal keandalan mesin All New Jazz. Mengusung jeroan 1.497 cc i-VTEC SOHC yang merupakan penggabungan antara teknologi i-DSI yang hemat bahan bakar dengan VTEC yang bertenaga besar. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi Drive by Wire dan Torque Boost Resonator yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 120 PS pada 6000 rpm dan torsi 145 Nm pada 4800 rpm. Alhasil membuat All New Jazz piawai melahap berbagai model jalan raya.

Ketika coba dipakai diperkotaan Jazz asik diajak meliuk ditengah sempitnya lalu lintas Ibukota. Dimensinya yang kompak seakan bukan halangan untuk membelah kemacetan Jakarta. Ketika padatnya lalu lintas sudah luar biasa, okezone pun coba mengalihkan jalur ke jalan bebas hambatan. Disini kami cukup terkejut kala memacu mobil Jepang ini di jalan bebas hambatan. Itu semua karena Jazz ternyata sanggup "berbicara" banyak dengan menyemburkan tenaga hingga jarum speedometer nempel diangka 160 km/jam. Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk mobil semungil ini.

Uniknya, Jazz tipe RS bertransmisi matik yang dipakai okezone, Honda menggunakan piranti Paddle Shift yang memungkinkan pengemudi memindahkan transmisi langsung dengan jari tangan. Paddle Shift di kiri untuk menurunkan posisi transmisi, sementara di kanan untuk menaikkan posisi gigi. Piranti yang sejatinya ada di mobil-mobil sport mewah itu menjadikan Jazz bisa dioperasikan layaknya mengemudi mobil F1, tentunya dengan harga hanya Rp222,5 juta on the road Jakarta.

Dengan banderol segitu Jazz bukan cuma menawarkan paket mobil perkotaan, tapi juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Mau bukti? Buka saja pintu bagasi belakang ke atas, maka Anda akan disuguhkan bagasi berkapasitas hingga 1.321 liter saat jok baris kedua dilipat rata dengan lantai mobil. Kemampuan itu tentu mengakomodir kebutuhan daya angkut berbagai barang kebutuhan aktivitas Anda.

Urusan kenyamanan juga tetap diperhatikan oleh pabrikan Jepang ini. Honda yang sudah kondang membuat mobil-mobil nyaman membenamkan fitur AC dengan kontrol bersusun ke atas pada All New Jazz. Tampilan ini membuat dashboard Jazz makin sporty khas selera anak muda atau mereka yang berjiwa muda.

Ada pula head unit 2DIN single disk MP3/WMA/WAV yang support USB dan AUX input. Piranti ini sanggup mendendangkan lagu-lagu kesayangan guna menemani perjalanan Anda.

Untuk tingkat keamanan, All New Jazz menggunakan teknologi rangka G-CON dan struktur ACE yang berhasil meraih berbagai penghargaan tertinggi saat uji tabrakan yang dilakukan sejumlah lembaga independent di beberapa negara. Tak ketinggalan teknologi pedestrian injury reduction body structure untuk melindungi pejalan kaki jika terjadi tabrakan.

Itu saja? Tidak juga. Meski dimensinya mungil, mobil juga telah dilengkapi perangkat yang baisanya familiar ditemukan di sejumlah mobil mewah, seperti ABS, EBD dan BA, sabuk pengaman dengan 3 poin ELR dan load limiter, serta dual SRS Airbags. Tidak hanya itu sistem keyless entry, immobilizer Anti-Theft System serta security alarm melengkapi fitur keamanan All New Jazz.

Jadi, apa yang kurang dari si hatchback fenomenal Honda ini? (uky)

No comments:

Post a Comment