Total Pageviews

Friday, July 15, 2011

Harga Chevrolet Cruze 2010 Indonesia

Chevrolet Cruze

Selangkah Lebih Unggul

Prasetyo Adhi - Okezone
Rabu, 10 Maret 2010 14:34 wib

detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

BANDUNG- PT General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI) akhirnya merealisasikan janjinya dengan memboyong Chevrolet Cruze. Seperti apa sensasi mengemudikan sedan medium Amerika Serikat (AS) ini?

Okezone pun mendapatkan kesempatan itu di sela acara "Media Drive Session Chevrolet Cruze" di Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/3/2010).

Tampak luar, aura sporty dan elegan pada Cruze begitu kental diwujudkan oleh para teknisi GM. Garis-garis tegas mulai dari bonet hingga buritan mempertegas karakter Cruze sebagai sedan yang tak boleh dipandang sebelah mata. Bahkan Product Planning & Business Development Manager GMAI, Harry Yanto menilai, Cruze memiliki sederet fitur-fitur unggulan yang merupakan pertama kali di kelasnya.

Dari sisi eksterior misalnya, desain Cruze memang begitu menggoda dan tampak berbeda bila dibandingkan dengan Altis mapupun Civic yang satu "level" dengan mobil ini. Bentuk gril yang besar, tarikan garis headlamp yang memanjang, hingga bentuk kap mesin yang khas, membuat Cruze seperti memiliki identitasnya sendiri.

Mengurut ke bagian samping hingga belakang, Cruze dipenuhi aura elegan akibat adanya aksen krom di beberapa ornamen seperti handle pintu, sein samping yang mirip kristal, hingga panel krom horizontal yang menghubungkan antar rearlamp.

Sepintas Cruze juga mirip sebuah coupe berkat penggunaan desain bodi yang melandai dibagian belakang. Tetapi jangan tanyakan soal kapasitas bagasinya. Walau terlihat kecil, namun ketika digunakan untuk menampung lima backpack berukuran sedang, dibagian ini masih menyisakan ruang yang sangat lapang. Efek penggunaan desain mirip coupe juga menjadikan aerodinamika Cruze meningkat. Mobil pun makin mudah membelah hambatan angin ketika dipacu di jalan raya.

Soal kemampuan mesin, Cruze dibekali engine 1.796 cc DOHC yang menggunakan teknologi Multi Point Injection with Double Continously Variable Cam Phaser (DCVCP). Menurut Harry, teknologi tersebut merupakan satu-satunya yang digunakan pada segmen sedan medium yang ada di Indonesia.

Karena itulah Cruze pun sangat nyaman ketika dipacu melintasi tol Cipularang. Sedikit injakan gas saja, tenaga sebesar 141 PS pada 6.200 rpm dengan torsi 176 Nm di 3.800 rpm langsung disalurkan melalui keempat ban berukuran 205/60 R16 milik Cruze.

Hebatnya lagi, teknologi 6-speed automatic triptonic yang disematkan benar-benar bekerja sempurna. "Acara" perpindahan gigi terjadi dengan sangat mulus. Ketika ingin santai saat lalu lintas padat, tinggal geser tuas ke posisi "D", dan selebihnya biarkan sistem elektornik pada Cruze yang bekerja. Namun bila ingin mendapat akselerasi yang berlebih, posisikan pada sistem mode manual shift, dan naik atau turunkan gigi sesuai keinginan Anda.

Ketika okezone coba melintas di jalan bebas hambatan yang menghubungkan antar Jawa Barat dengan Jakarta tersebut, Cruze sanggup digeber hingga lebih dari 180 km/jam tanpa kendala berarti. Mobil pun masih dalam posisi yang nyaman untuk dikendarai akibat penggunaan pegas Mac Pherson with EURO tuning style didepan dan Compound Crank pada suspensi belakang.

Dengan kompresi rasio mencapai 10,5 : 1, Cruze diklaim sanggup dipakai hingga sejauh 13 Km dengan pemakaian Petramax sebanyak 1 liter. Bila ingin mengetahui berapa jarak yang masih bisa ditempuh dengan kapasitas bahan bakar yang ada di dalam tanki Cruze, cukup lihat pada information display yang ada di dashboard.

Pada sistem ini juga dapat diatur mengenai sistem keamanan di seluruh kabin, misalnya kunci pintu yang bisa diatur hanya membuka di bagian pintu pengemudi, sistem sensor air hujan pada kaca depan yang memungkinkan wiper akan menyala otomatis ketika rintik-rintik hujan mulai turun, bahkan hingga pengaturan sistem auto lock/unlock pada seluruh pintu Cruze.

Dengan harga Rp309 juta untuk tipe transmisi manual dan Rp335 juta untuk yang varian teransmisi matik, rasanya Cruze memang selangkah lebih unggul dibanding kompetitiornya. Toyota dan Honda patut waspada! (uky)

No comments:

Post a Comment