Total Pageviews

Friday, July 15, 2011

Harga Honda Scoopy 2010 Indonesia

Tes Drive Honda Scoopy

Paduan Retro dan Modern yang Sempurna

Prasetyo Adhi - Okezone
Jum'at, 4 Juni 2010 13:26 wib

detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA- Unik, imut, dan centil. Karakter retro modern yang kental dari Honda Scoopy seakan menggoda siapa saja yang melihat penampakan skuter matik (skutik) baru besutan PT Astra Honda Motor (AHM) ini.

Hasrat untuk menjajal langsung bagaimana nikmatnya berada di atas Scoopy dan merasakan aura retro modern ternyata dijawab AHM, Kamis (3/6/2010).

Produsen sepeda motor berlambang sayap itu memberikan kesempatan kepada beberapa media online termasuk okezone untuk melakukan sesi tes ride Honda Scoopy di kawasan pabrik AHM di Cikarang, Jawa Barat.

Seperti saat peluncurannya beberapa pekan lalu, ada tiga varian warna yang dihadirkan untuk Scoopy sesi tes ride kali ini. Classic White, Retro Pink, dan Vintage Violet, semuanya terlihat sangat menggoda untuk segera dinaiki.

Scoopy kelir Classic White yang langsung menyita perhatian okezone. Warna putihnya yang sedikit kecoklatan terasa berbeda dibanding sepeda motor lain yang juga mempunyai varian kelir putih. Unik dan membawa nuansa retro modern.

Tarik tuas rem, nyalahkan starter, lepas tuas rem, putar gas, dalam sekejap okezone pun dibawa pada suasana '70 dan '80-an ala Scoopy.

Namun jangan pikir kemampuan mesin ini juga setara dengan skutik jadul era bapak-ibu kita zaman muda mereka dulu. Sebab mengusung jeroan 108 cc, Scoppy sanggup menghasilkan tenaga fresh sebesar 8,28 PS di putaran mesin 8.000 rpm dengan torsi puncak 8,32 Nm di 5.500 rpm. Sangat mirip dengan 'sang kakak' Honda BeAT.

Marketing Direktur AHM Julius Aslan ketika disela peluncuran Scoopy pada 20 Mei 2010 silam juga mengaku, basis dari motor ini merupakan Honda BeAT. "Mesinnya memang dari Honda BeAT," jelas dia.

Tetapi bila dibandingkan dengan BeAT, Scoopy jelas jauh berbeda. Bukan hanya sekedar tampilan berdesain retro modern, namun juga disetiap detil perawakan skutik ini. Benar-benar beda dari BeAT.

Posisi duduk pengendara misalnya, Scoopy terasa lebih nyaman karena dengkul tidak mudah mentok dengan bagian depan. Desain jok juga terasa lebih ergonomis sehingga pas dengan posisi bokong pengendara.

Pun demikian dengan posisi setang. Agak berbeda dibanding BeAT, posisi tangan pengendara lebih nyaman dengan bentuk setang dari Scoopy.

Ketika dicoba meliuk diantara cone yang dijejer oleh tim AHM, Scoopy juga terbukti lincah bermanuver. Tak ada gejala motor melayang ke kiri maupun ke kanan. Semuanya terasa ringan, lembut namun mantap meliuk melewati jejeran cone.

Rasanya, dengan harga Rp13,5 juta, paduan konsep retro modern ini berhail diterapkan tim teknisi Honda. Kesan retro jelas terlihat dari bentuk desain bodinya, sementara sisi modern coba ditunjukkan dengan kemampuan mesin yang setara skutik-skutik teranyar. (uky)

No comments:

Post a Comment