Total Pageviews

Friday, July 15, 2011

Harga New Kia Picanto 2010 Indonesia

New Kia Picanto

Makin Mewah Tapi Tetap Lincah

Prasetyo Adhi - Okezone
Senin, 1 Februari 2010 10:06 wib
0 00
detail berita
(Foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA - Setelah resmi dirilis oleh PT Kia Mobil Indonesia (KMI) kami pun langsung mendapatkan kesempatan menjajal New Kia Picanto. Seperti apa performanya?

Melihat tampilan luar, KMI sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaran Kia tidak memberikan banyak perubahan.

Untuk eksterior, yang berubah hanya bentuk desain grill yang kini tidak ada lagi aksen krom, bumper depan maupun belakang yang sekarang seolah-olah dilengkapi bumper guard, kaca spion luar yang dibuat lebih besar, serta tidak adanya lagi dop pada pelek, melainkan diganti pelek racing 5-spoke ukuran 14 inci.

Masuk ke dalam kabin, interior New Picanto juga masih sama dengan Picanto terdahulu. Hanya saja sektor audio ditingkakan. Kini Picanto menggunakan headunit yang sudah mampu memutar CD, MP3, dan sarana koneksi USB, serta IPod Connection.

Ada lagi satu hal lain yang berbeda dibanding Picanto sebelumnya. Yakni untuk tipe transmisi otomatis. Kia kini mencangkokkan model transmisi gate type pada Picanto. Model transmisi matik tersebut sama dengan yang ada di Avanza-Xenia matik serta Rush-Terios matik.

Sementara di balik bonet, Picanto masih setia menggunakan mesin 1.100 cc multi point injection empat silinder segaris SOHC. Dengan mesin ini maka daya yang dihasilkan pun tetap sama yaitu 64 PS di 5.500 rpm dengan torsi hingga 9,8 kgm pada 2.800 rpm.

Puas memandangi bentuk fisik New Picanto, rasa panasaran menjajal city car mungil ini pun makin menggejolak. Langsung saja kunci kontak di putar. Uniknya, kunci New Picanto ini desain geriginya ada di tengah buka disisi atas dan bawah mata kunci.

Dengan demikian cukup sulit untuk membuat duplikat dari kunci tersebut. Efeknya tentu menyulitkan tangan-tangan jahil yang ingin membawa kabur mobil seharga Rp115 juta untuk yang transmismanual dan Rp131 untuk yang matik itu.

Ketika mesin dihidupkan suara mesin tidak masuk hingga ke dalam kabin. Bising dari gerakan mesin sedikit tereduksi dibanding Kia Picanto sebelumnya. Membuat kabin makin senyap.

Namun kesenyapan itu langsung ebrganti dengan alunan suara-suara lagu-lagu kesayangan ketika head unti yang kini sudah bisa terintegrasi dengan IPod dinyalahkan. Alunan suara lewat keempat speakernya terdengan cukup jernih. Pas sebagai penghibur ditengah kemacetan kota-kota besar.

Ketika pedal gas diinjak da tuas transmisi digeser ke posisi 1, karena kebetulan kami menjajal Picanto manual, dalam sekejap tenaga city car Korea ini pun langsung terasa.

Dengan dimensi panjang 3.535 mm, lebar 1.595 mm, dan tinggi 1.480 mm serta jarak sumbu roda 2.370 mm Picanto tetap enak diajak bermanuver. Bodinya yang mungil menyebabkan hampir tidak ada gejala limbung saat dijajal berakselerasi maupun menikung patah kekiri dan kanan. Cocok bila diaplikasikan untuk meliuk ditengah kemacetan jalan.

Apalagi sepertinya suspensi New Picanto sedikin mendapat perbaikan. Meski amsih mengandalkan Mc Pherson Strut dengan stabilizer maupun coupled torsion beam, kaki-kaki Picanto anyar ini lebih baik dibanding sebelumnya. Tidak ada lagi bunyi yang berlebihan saat mobil melibas jalan yang kurang rata.

Dengan penyegaran disisi penampilan, up grade sistem audio, serta makin senyapnya kabin, rasanya tak salah jika New Picanto dijadikan kendaran bagi kaula muda yang membutuhkan alat untuk mobilisasi di perkotaan. Apalagi mesin yang sama membut konsumsi BBM Picanto tetap irit seperti generasi sebelumnya. (uky)

No comments:

Post a Comment