Total Pageviews

Friday, July 15, 2011

Harga Yamaha New Scorpio Z 2010 Indonesia

Bermain dengan Si Kalajengking

Prasetyo Adhi - Okezone
Senin, 27 September 2010 10:02 wib
detail berita
(Foto: Prasetyo Adhi/okezone)

JAKARTA- Kehadiran New Scorpio Z dalam jajaran motor sport Yamaha tentu semakin lengkap. Pasalnya, dalam rentang waktu yang relatif singkat Yamaha juga terhitung baru saja mengelontorkan Byson.

Kini pasukan motor sport Yamaha menjadi tiga, yakni V-ixion, Byson, dan Scorpio. Bila bulan lalu kemampuan Byson sudah dibedah habis-habisan, kini giliran New Scorpio Z yang okezone coba ketangguhannya.

Dari sisi penampilan, motor sport bertahta paling atas dari Yamaha ini punya "baju" baru. Bentuk headlamp mengadopsi desain lampu depan Yamaha FZ8, sementara bodinya dicomot dari MT-01. Desain baru ini menjadikan Scorpio makin sporty dan gagah dibanding generasi sebelumnya.

Ketika ditunggangi riding position New Scorpio masih serupa dengan pendahulunya. Namun ketika tuas kopling dan rem dimainkan, bagian ini terasa lebih lembut dibanding Scorpio lawas.

Putaran gas juga terasa lebih halus namun cukup responsif. Mesin 223 cc 4-tak SOHC air cooled milik New Scorpio Z memang serupa dengan sebelumnya. Karena itu keluaran tenaga juga masih berada di 18,2 PS pada 8.000 rpm dengan torsi puncak hingga 17.5 NM di putaran 6.500 rpm.

Yang okezone rasakan kala nyemplak Si Kalajengking adalah kesan lincah dari motor sport ini. Meski punya bodi dengan panjang 2.025 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.095 mm, New Scorpi masih terasa lincah.

Mesin yang serupa ternyata menyajikan satu sensai berkendara yang berbeda dibanding Scorpio sebelumnya. "Makin asyik kalau diajak touring jarak jauh," begitu perasaan yang bekecamuk dalam pikiran okezone saat menunggangi New Scorpio.

Coba melewati medan yang sedikit menanjak dengan kondisi jalan yang tidak rata, New Scoprio masih bisa memberikan sensasi berkendara yang nyaman dan menyenangkan. Posisi setang, jok, serta kaki-kaki yang diracik tim YMKI tak menjadikan badan cepat pegal mesiki jalur yang dilewati bukanlah jalan beraspal mulus, melainkan savana Gunung Bromo.

Dengan banderol Rp23,5 juta on the road Jakarta, atau naik Rp1,5 juta dari Scorpio generasi sebelumnya, rasanya masih pantas untuk menebus kenyamanan dan kemampuan berkendara New Scorpio yang masih sama dari sebelumnya tapi menawarkan penampilan yang lebih gagah. (uky)

No comments:

Post a Comment