Total Pageviews

Friday, July 15, 2011

Harga Audi Q7 3.0 TFSI 2011 Indonesia

SUV Mewah yang Irit BBM

Prasetyo Adhi - Okezone
Sabtu, 1 Januari 2011 10:24 wib
detail berita
Foto: Ist

JAKARTA- Dalam dunia automotif sulit menggabungkan dua kata hemat dan bertenaga. Namun pencapaian teknologi terkini membuat segala hal jadi serbamungkin.

Di masyarakat umumya berkembang anggapan jika ingin memiliki kendaraan yang bertenaga maka satu hal yang dikorbankan adalah penghematan atau efisiensi. Sebaliknya jika ingin kendaraan lebih hemat bahan bakar atau efisien maka yang harus dikorbankan adalah tenaga.

Tapi itu dulu, sebelum Audi Q7 3.0 TFSI keluar. Mobil SUV Premium yang diluncurkan oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) beberapa waktu lalu itu diklaim mampu mengkombinasikan antara tenaga dashyat dengan hemat bahan bakar. “SUV ini tak hanya memiliki tenaga besar, melainkan juga konsumsi bahan bakar yang begitu hemat,” ujar CEO GMM Andrew Nasuri.

Pernyataan Andrew Nasuri memang menarik. Dengan bobot yang mencapai 2,2 ton, Audi Q7 justru mampu mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu 7,9 detik. Cukup impresif untuk ukuran SUV berbadan besar seperti Audi Q7.

Audi memang patut bersyukur mobil tersebut dibekali dengan teknologi canggih hasil riset mereka bertahun-tahun. Tanpa teknologi forced induction dan direct fuel injection, sulit membayangkan mobil ini mampu melesat cepat dengan letupan tenaga 272 daya kuda dan torsi 400 Nm. Sekalipun mobil ini telah dibekali dengan mesin bensin V6 berkapasitas 3.0-liter.

Forced induction dan direct fuel injection memang sebuah kontribusi besar bagi Audi. Untuk jelasnya, kedua teknologi ini bekerja lewat pencapaian sebuah sistem pemulihan kinerja tinggi yang dapat mengembalikan energi setelah pengereman. Dengan begitu mesin V6 terbaru ini menghasilkan performa yang sebanding dengan mesin-mesin V8.

Hebatnya dengan tenaga sebesar itu Audi Q7 malah mengklaim sebagai SUV yang irit. Audi mengklaim Audi Q7 dengan transmisi otomatis tiptronic 8-speed mampun menghemat BBM hingga 5 persen. Penghematan dicapai lewat sistem pergeseran kapasitas silinder serta dukungan peranti supercharging yang efektif. Maksudnya pergeseran di sini adalah konfigurasi silinder dibuat dalam sudut 90 derajat. Alhasil udara yang masuk ke ruang silinder lebih lancar dari biasanya. Dari situlah tercapai tenaga maksimum tanpa harus bekerja keras.

Tidak hanya itu saja, mesin 3.0 TFSI telah menerapkan proses pendinginan udara yang terukur, sehingga udara berkandungan oksigen tinggi yang masuk ke ruang silinder mampu menghasilkan ledakan maksimal ketika terkompresi dengan bahan bakar dan pengapian.

Cukup bicara teknologi. Yang patut diingat mobil ini adalah sebuah Audi. Merek yang saat ini tengah naik daun di dunia karena keekslusifannya. Nah, dengan banderol harga Rp1,39 miliar, patut dipertanyakan apa saja yang membuat pemilik mobil ini dapat merasa tengah mengendarai mobil ekslusif.

Audi Q7 mengklaim keunggulan mobil ini sangat banyak Seperti electronic shock absorber control yang akan menjaga ketinggian berkendara sesuai dengan situasi sebenarnya. Pada kecepatan tinggi, badan mobil akan merendah guna menjaga stabilitas, serta mengurangi konsumsi bahan bakar. Sementara pada jalan bergelombang, badan mobil akan meninggi dengan hanya menekan tombol. Pada terminal MMI standart, pengemudi dapat memilih lima mode operasi, yaitu nyaman, otomatis, dinamis, off road atau lift. Juga tersedia dalam versi S yang dinamis.

Untuk lampu depan sebagai pilihan tambahan Audi dapat menyediakan versi xenon plus yang dilengkapi LED daytime driving light dan LED flasher. Untuk interior Q7 luas dan kelebihannya mobil ini menciptakan standar fleksibilitas dengan menyediakan 27 pengaturan tempat duduk yang berbeda.

Audi juga menyediakan AC deluxe otomatis dua zona, high beam assistant, sistem operasi radio MMI lengkap dengan sistem audio ada delapan speaker, lantai berlapis gada pada area bagasi dengan tempat penyimpanan da alas debu.

Fitur standar yang tersedia ketika pengemudi memilih sistem informasi adalah perangkat komputer dengan program efisiensi. Alat ini akan memonitor aliran energi kendaraan dan menampilkan kebutuhan pengguanya dengan petunjuk bagaimana untuk menghembat konsumsi.

Yang menarik dari in car entertainment ini adalah fitur hard disk terpadu. Fitur ini berisikan navigasi, music, data telepon, monitor berwarna dengan grafik 3D, DVD player, dan control suara. Rangkaian ini dapat dikembangkan lagi menjadi pusat media mewah dengan fitur seperti Bluetooth, TV Tuner, digital radio tuner, dan hiburan di bangku belakang.

Fitur khusus adalah sound system canggih dai Bang & Olufsen yang menyediakan 14 channel, listrik 1.000 watt fan 14 speaker. Jadi bisa Anda bayangkan mobil ini sudah bak studio berjalan. Tapi itu wajar mengingat harganya yang mencapai miliaran rupiah. (uky)

No comments:

Post a Comment